Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sumur Minyak di Tarakan Semburkan Lumpur, Ini Kata Pertamina

JAKARTA, KOMPAS.com - Sumur PAM-235 milik Pertamina EP Tarakan Field menyemburkan lumpur sejak pukul 13:15 WITA, Minggu (4/4/2021). Sumur ini berlokasi di Kawasan Kampung Satu, Tarakan, Kalimantan Timur.

General Manager Zona 10 Regional 3 Pertamina Sub Holding Upstream, Krisna mengatakan, tekanan dari dalam sumur sempat meningkat pada pukul 14:00 WITA. Tim tanggap darurat Field Tarakan pun langsung bergerak menangani di lokasi sehingga semburan berangsur menurun.

"Benar bahwa ada flowing atau aliran cairan dari sumur PAM-235, dan kami segera tugaskan Tim tanggap darurat Field Tarakan melaksanakan prosedur penanganan seketika itu juga, diantaranya melokalisasi area agar masyarakat sekitar tidak mendekati area sumur," jelasnya dalam keterangan tertulis, Senin (5/4/2021).

Krisna menyatakan, tim telah melakukan prosedur gas test di sekitar area sumur untuk memastikan tidak adanya resiko keselamatan. Hasil pengukuran kandungan gas menunjukkan nol persen atau artinya aman dari gas berbahaya dan beracun.

Namun, terkait penyebab pasti dari semburan yang terjadi di Sumur PAM-235, kata Krisna, pihaknya masih melakukan investigasi.

"Pagi tadi, Senin 5 April 2021, alhamdulillah flow (semburan) sumur sudah dapat dihentikan pada pukul 10:15 WITA," kata dia.

Sumur PAM-235 merupakan bagian dari Sumur aktif Field Tarakan yang menghasilkan produksi sekitar 7 barel minyak per hari (bph).

Field Tarakan merupakan salah satu lapangan yang dikelola oleh Pertamina Sub Holding Upstream dan termasuk ke dalam Zona 10, dengan produksi minyak 1.861 bph, dan produksi gas 2,14 juta standar kaki kubik per hari.

https://money.kompas.com/read/2021/04/05/142900026/sumur-minyak-di-tarakan-semburkan-lumpur-ini-kata-pertamina

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke