Salin Artikel

[TREN WISATA KOMPASIANA] Berkemah di Tepi Situ Patenggang | Begini Rasanya Kena Prank Tebing Keraton dan Tahura

KOMPASIANA---Kini berkemah menjadi salah satu kegiatan yang dipilih untuk menikmati waktu libur bersama keluarga ataupun orang terdekat.

Lokasi pilihannya pun sangat beragam. Namun, yang saat ini tengah hits adalah di Cianjur, Bandung, Jawa Barat atau tepatnya di Ciwidey.

Di sana terdapat Situ Patenggang, lokasi yang biasa dijadikan untuk glamping alias glamour camping.

Area glamping ini sangat ramah lingkungan karena tak menggunakan AC dan cukup berjarak satu sama lain.

Selain soal glamour camping di Ciwidey, atau juga pengalaman seru perjalanan ke Tebing Keraton dan Taman Hutan Raya (Tahura), serta resep masakan pho ala vietnam yang bisa dicoba di rumah.

Berkut konten-konten menarik dan populer kategori Wisata di Kompasiana:

1. Menikmati Panorama Alam Ciwidey dengan Berkemah di Tepi Situ Patenggang

Yang paling menarik di sini adalah kita juga bisa glamping bersama keluarga.

Area glamping ada yang persis di tepi situ dan ada juga yang berada di tengah kebun teh. Bisa dibilang sangat privat dan cocok untuk liburan di masa pandemi.

Kompasianer Mom Abel mengatakan glamping di tepi situ Patenggang ini sangat berkesan baginya. Sebuah pengalaman unik bisa berkemah di tepi danau.

"Meskipun ibarat kata kami hanya pindah tempat tidur, namun udara yang segar dan pemandangan indah memukau semakin menghangatkan kebersamaan kami. Pengalaman rasa yang sungguh berharga," tulis pengalamannya. (Baca selengkapnya)

2. Begini Rasanya Kena Prank Tebing Keraton dan Tahura Bandung

Buat kalian yang memang tergolong kaum rebahan jangan sampai kalian kena prank. Jangan percaya kalau ada yang bilang "mendingan kalian jalan kaki aja, nggak jauh kok" untuk menuju Tebing Keraton.

Menurut google maps, jarak antara tempat parkiran ke Tebing Keraton sekitar 1,7 km. Bila kalian kaum rebahan coba-coba malangkah, siap-siap gempor, begitu kata Kompasianer Andri Mastiyanto.

Alasannya, di beberapa titik terdapat trek yang menanjak 15-25 derajat yang bisa bikin ada kata-kata hati "lanjut atau balik yaks"

Apalagi saat balik turun dari kawasan wisata Tebing Keraton. Bagi yang tidak tau cara melangkah dengan benar, bisa-bisa paha atau betis kalian kram. (Baca selengkapnya)

3. Perkenalkan "Widz Pho", Penganan Orang Timur yang Diolah Orang Barat

Kompasianer Widz Stoops membagikan resep sup khas Vietnam yang bisa dicoba ditiru di rumah.

Sebenarnya sup ini dinamakan "Pho" yang di dalamnya terdapat mi, daging dan sayuran. Menurutnya, sup ini mirip dengan mi bakso di Indonesia.

Saat membuatnya, untuk memberi rasa 'smoky flavor' pada kuahnya nanti, ia bersama rekannya, Chef Jeanie, membakar bawang bombay dan jahe (beserta kulitnya) selama 15 menit atau hingga berwarna kehitam-hitaman, lalu masukkan ke dalam panci.

Kemudian ia menambahkan 8 gelas kaldu sayur, 1 gelas jamur hitam, 4 siung bawang putih, 4 pekak, 1 ruas jari kayumanis, dan masak hingga mendidih.

"Setelah mendidih, kecilkan api. Tutup pancinya rapat-rapat dan masak lagi dengan api kecil selama dua jam. Memasak dengan api kecil dalam waktu lama membuat semua sari bumbu lebih menyerap ke dalam kuah," tulisnya. (Baca selengkapnya) (IBS)

https://money.kompas.com/read/2021/04/15/212800326/-tren-wisata-kompasiana-berkemah-di-tepi-situ-patenggang-begini-rasanya-kena

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.