Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dukung UMKM ke Pasar Global, KGX Luncurkan Layanan Export Delivery Service

Vice President of Operation KGX Eddi Efanto mengatakan, layanan EDS tersedia untuk pengiriman ke beberapa negara tujuan, yaitu ASEAN, Tiongkok Raya, Australia, hingga Amerika Serikat.

Layanan ini akan lebih dulu tersedia di KGX wilayah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi). Selanjutnya layanan akan diperluas secara bertahap ke seluruh cabang KGX di Indonesia.

“Kita akan memperluas coverage kita step by step. Karena mengutamakan kualitas, jadi kita sambil berjalan kita lakukan juga persiapan secara teknis di seluruh Indonesia,” ujar Eddi dalam keterangan tertulis, Selasa (20/4/2021).

Direktur KGX Amelia Angelica menambahkan, UMKM Indonesia memiliki kemampuan penjualan hingga ke pasar mancanegara. Namun, umumnya para pelaku UMKM terkendala dengan biaya pengiriman ke luar negeri yang terbilang tinggi.

Oleh sebab itu, KGX berupaya memenuhi kebutuhan UMKM untuk memperluas pasarnya tak hanya di domestik tapi juga global melalui layanan EDS.

"Kami kombinasikan layanan dengan harga ekonomis dengan service yang mampu bersaing. Sehingga kita membantu UMKM sekaligus memberikan layanan pengiriman terbaik,” kata Amelia.

Menurut dia, produk UMKM Indonesia seperti kerajinan tangan dan furnitur memiliki potensi pasar yang besar di luar negeri. Tak hanya itu, sektor fesyen seperti batik dan baju muslim juga banyak diminati dan jadi produk andalan UMKM.

Amelia pun optimistis KGX mampu bersaing dengan kompetitor dalam memberikan layanan jasa kurir dan logistik. Hal itu didukung pengelolaan manajemen yang baik dan penawaran harga yang ekonomis dibarengi layanan yang optimal.

"KGX juga menawarkan layanan yang tidak dimiliki oleh kompetitor dengan membantu digitalisasi UMKM. KGX tidak hanya sekadar menggaet UMKM sebanyak-banyaknya, tetapi juga membantu mengembangkan UMKM tersebut," jelas dia.

https://money.kompas.com/read/2021/04/20/200330226/dukung-umkm-ke-pasar-global-kgx-luncurkan-layanan-export-delivery-service

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke