Salin Artikel

[KURASI KOMPASIANA] Kiat-kiat Ketika Menawar | Belanja Jadi Self Reward | Mendalami Prinsip Minimalis

KOMPASIANA---Kegiatan tawar menawar merupakan kegiatan lumrah yang sering dilakukan konsumen saat akan berbelanja, baik di pasar tradisional maupun di toko.

Proses tawar menawar dapat dikatakan bukan perkara mudah, terlebih tidak semua orang dapat melakukannya sebab dibutuhkan taktik jitu agar barang yang diinginkan mendapatkan potongan harga yang lebih murah.

Nah, bagi Anda yang ingin mencoba tawar menawar saat berbelanja namun masih ragu dengan kemampuan yang Anda miliki.

Berikut Kompasiana telah merangkum 3 konten terkait tip tawar menawar hingga prinsip minimalis menangkal godaan diskon.

1. Tips yang Bikin Pola Pikir Kita Berubah dalam Hal Tawar Menawar

Mendapatkan harga yang lebih murah saat berbelanja, tentu merupakan keinginan semua orang. Oleh karenanya, untuk mendapatkannya diperlukan usaha tawar menawar.

Kompasianer, Adrian Chandra Faradhipta membagikan pengalamannya selama 5 tahun di dalam dunia pengadaan barang dan jasa.

"Selama lima tahun lebih itu juga saya mungkin sudah ribuan kali bernegosiasi terkait berbagai macam hal terutama harga dengan para penyedia barang dan jasa," ujarnya.

Tentu apa yang ia lakukan tidak selalu mulus, ada saja kendala dan diskusi yang berujung tidak optimalnya penurunan harga dari penyedia barang dan jasa.

Berbekal ilmu pelatihan efective negotiation dan communication skills dari kantornya, justru semakin memperluas wawasanannya dalam mempraktikkan cara negosiasi yang efektif.

Menurutnya, ketika bernegoisasi atau saat akan melakukan proses tawar menawar, hal utama yang harus dimiliki ialah mengubah terlebih dahulu pola pikir menjadi win-win dalam bernegosiasi saat akan menawar harga. (Baca selengkapnya)

2. Sering Dianggap Pemborosan, Sebenarnya Belanja Jadi Self Reward bagi Perempuan

Wanita dan belanja bisa dibilang satu kesatuan yang sulit dipisahkan. Bagi sebagian wanita, kegiatan berbelanja merupakan kegiatan yang menyenangkan karena dapat menghilangkan stres.

Bahkan tak jarang, sebagian wanita yang awalnya mungkin hanya berniat belanja dengan jumlah yang sedikit, namun justru sering kali gelap mata hingga akhirnya membeli barang-barang di luar dari list.

Sulit memang menahan hasrat untuk berbelanja, apalagi ditambah dengan sifaat bawaan wanita yang mudah tergiur dengan barang-barang diskon yang tampak bagus dan menggemaskan.

Jika sudah berhubungan dengan belanja, para wanita pun akan rela berlama-lama di sebuah toko demi mendapatkan barang yang diingkan.

Pertanyaannya ialah, salahkah jika para wanita memanjakan diri dengan berbelanja? (Baca selengkapnya)

3. Prinsip Minimalis Menangkal Godaan Diskon

Mendapatkan potongan promo maupun diskon saat berbelanja, tentu ada kesenangan tersendiri.

Namun, nyatanya promo maupun diskon sering membuat seseorang menjadi kalap hingga sulit untuk mengontrol pengeluaran.

Bagi Anda yang mudah tergiur dengan promo dan diskon, tidak ada kata terlambat untuk mengubah pola pikir dan kebiasaan tersebut. Nah, salah satu cara yang dapat Anda coba terapkan ialah prinsip hidup minimalis.

Kompasianer, Nana Marcecilia membagikan 3 prinisip hidup minimalis yang dapat diterapakan guna menghindari kekalapan saat berburu diskon maupun promo. (Baca selengkapnya) | (FIN)

https://money.kompas.com/read/2021/05/16/220311326/kurasi-kompasiana-kiat-kiat-ketika-menawar-belanja-jadi-self-reward-mendalami

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.