Salin Artikel

Menko Airlangga Sebut Bendungan Sukamahi Bisa Kurangi Banjir Jakarta

Adapun Bendungan Sukamahi merupakan bendungan yang ditargetkan selesai pada bulan Oktober-Desember 2021. Saat ini, proses pembangunan fisik telah mencapai 75 persen.

Menurut dia, Bendungan ini bakal mengurangi debit air yang masuk ke Jakarta hingga 12,5 persen.

"Berdasarkan data sampai Manggarai bisa mengurangi debit (air) 12,5 persen. Jadi artinya mengurangi banjir 12,5 persen. Dan itu akan berpengaruh terhadap banjir di Jakarta di bulan Januari," kata Airlangga dalam siaran pers, Kamis (3/6/2021).

Dengan estimasi volume total tampungan 1,7 juta meter kubik, bendungan ini diharapkan mampu mereduksi banjir Ibu Kota sebesar 12 meter kubik per detik

"Harapannya tentu bendungan ini bisa menjadi solusi karena ini sudah direncanakan cukup lama," ujar Airlangga.

Selain menjadi program pengendalian banjir Jakarta, kata Airlangga, Bendungan Sukamahi juga bakal dijadikan daerah wisata.

Pemerintah akan mengembangkan konsep taman ekowisata (ecotourism park) yang akan memanfaatkan kawasan konservasi pada Bendungan Sukamahi.

"Daerah ini daerah yang pemandangannya luar biasa. Jadi untuk menunjang pariwisata ini bisa dikembangkan," sebut Airlangga.

Sebagai informasi, Bendungan Sukamahi dan Ciawi adalah tipe bendungan kering (dry dam) yang baru akan digenangi air pada musim hujan saja.

Sementara pada musim kemarau, bendungan akan kering. Hal ini wajar lantaran bendungan bukan untuk keperluan irigasi atau air baku, melainkan untuk meningkatkan kapasitas pengendalian banjir.

https://money.kompas.com/read/2021/06/03/193100926/menko-airlangga-sebut-bendungan-sukamahi-bisa-kurangi-banjir-jakarta

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.