Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Produk Ditiru, Pelaku Usaha: Bersyukur Buka Rezeki untuk Orang Lain...

Hal ini pun menjadi sebuah tantangan bagi pebisnis lantaran memiliki pesaing yang menjamur, dengan menawarkan produk yang sama.

Founder Bittersweet by Najla, Najla Bisyir mengakui, ketika awal-awalnya meluncurkan salah satu produk dessert-nya, sudah ada pemain lain yang juga mengikuti menu yang sama.

Walau demikian, dia justru merasa bersyukur karena bisa membuka rezeki untuk orang lain.

"Baru launching itu padahal menu, tapi ada yang niru. Enggak masalah, aku malah bersyukur bisa buka jalan atau rezeki untuk orang lain," ujarnya dalam ShoppePay Talks edisi 9 yang disiarkan secara virtual, Jumat (18/6/2021).

Dia mengatakan, dengan adanya pesaing justru memacu dia untuk terus berinovasi dan mengeluarkan berbagai varian menu lainnya.

Hal serupa juga diamini oleh Co-founder & Creative Director PVRA Kara Nugroho.

Dia juga merasa bersyukur, dengan adanya pesaing yang juga meniru produknya, membuat dia keluar dari zona nyamannya.

"Kalau enggak ada pesaing kita akan stuck di zona nyaman kita. Karena tren ini diikuti dan banyak yang membuat, kita dipaksa berfikir untuk mengeluarkan inovasi. Hayu, mau buat apalagi yah, kita disuruh untuk berinovasi dan berkreasi sebisa mungkin," katanya.

Kara juga mengakui, banyak tantangan saat membuat produk sepatu lokal. Sebab, banyak orang yang tidak percaya, bahwa sekarang produk sepatu lokal sudah memiliki kualitas yang internasional.

Namun sebut dia, hal itu justru harus dimanfaatkan untuk meningkatkan kepercayaan pembeli agar mau memakai produk lokal.

"Khususnya untuk masyarakat Indonesia, kalau banyak brand lokal atau sudah menjamur, mari sama-sama kita bangun brandnya, kita bangun kepercayaan bahwa brand lokal semakin bagus," ucap Kara.

https://money.kompas.com/read/2021/06/19/111100226/produk-ditiru-pelaku-usaha--bersyukur-buka-rezeki-untuk-orang-lain-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke