Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Berkat Sinetron Ikatan CInta, Rumah Produksi Film Milik Hary Tanoe Kuasai 40 Persen Market Share

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur PT MNC Studios International Tbk Titan Hermawan menuturkan, dari segi kuantitas, pencapaian MNC Pictures, unit bisnis PT MNC Studios International Tbk (MSIN) diklaim telah menguasai 40 persen market share produksi drama di Indonesia dengan 2.002 jam produksi selama semester I/2021.

Dari segi kualitas, MNC Pictures memiliki program unggulan sinetron berjudul Ikatan Cinta yang menjadi tayangan fenomenal.

MNC Pictures mencatatkan prestasi rekor audience share tertinggi melalui Ikatan Cinta yang menembus 54,5 persen.

"Sinetron Ikatan Cinta ini bisa fenomenal, karena sejak pertama kali ditayangkan pada 19 Oktober 2020, sinetron ini mampu bertahan dengan performance yang sangat baik, dengan rata-rata share 43,3 persen dan telah mencapai 348 episode," ujar Titan melalui keterangan tertulis, Jumat (9/7/2021).

Hal ini menjadi suatu pencapaian tertinggi dalam sejarah persinetronan RI sejak 2005.

Secara year to date (ytd) 2021, dari Top 10 Sinetron Terbaik, sinetron yang diproduksi oleh MNC Pictures menduduki enam sinetron teratas.

Selanjutnya, Titan memaparkan, MSIN melalui MNC Pictures juga mengembangkan inisiatif digital melalui aplikasi KlakKlik. Aplikasi ini berisi konten Intellectual Property (IP) yang berbasis story berupa tulisan, audio, dan video.

Pengguna juga dapat mengikuti casting online melalui format User Generated Content pada aplikasi ini.

"Rencananya, aplikasi ini akan resmi launching di kuartal empat 2021 dan pengguna bisa menikmati aplikasi ini di platform Android dan iOS," ujar dia.

Titan memaparkan, MSIN juga akan memiliki fasilitas produksi, yaitu Movieland.

Movieland merupakan kawasan Creative Economy Hub di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) MNC Lido City, Bogor yang dibuat sebagai pusat pembuatan film dan studio produksi serial drama untuk TV dan OTT.

Pada Februari 2021, MSIN telah melakukan peletakan batu pertama untuk menandai dimulainya proyek tersebut.

"Dengan adanya Movieland ini seluruh kegiatan shooting MNC Pictures akan di pusatkan di sini," kata dia.

Lini bisnis lainnya dari MSIN, yakni Asia Media Productions (AMP).

AMP merupakan rumah produksi yang memasok reality show televisi FTA MNC Group dan pihak ketiga serta memproduksi konten untuk media sosial di bawah channel Asia Media Production.

Usaha lain milik Hary Tanoesoedibjo yakni PT Star Media Nusantara (SMN), merupakan manajemen artis yang menaungi kurang lebih 400 talent dengan kontrak eksklusif.

Selain Hits Record, SMN juga memiliki record label lainnya, yaitu Swara Bintang. Selain itu, SMN memiliki publishing company, seperti Swara Cipta Musikindo dan StarHits.

MSIN juga mengembangkan E-sports Star Indonesia, dimulai sejak 2019 dengan memproduksi event management dan menyiarkan beberapa acara terkait gaming dan E-sport.

Pada 2021, MNC Studios akan kembali menyelenggarakan ajang pencarian bakat E-sports Star Indonesia season 2.

Selain itu, beberapa acara E-sport dan gaming dengan mitra unggul, seperti Garena Games juga akan diselenggarakan.

https://money.kompas.com/read/2021/07/09/090350926/berkat-sinetron-ikatan-cinta-rumah-produksi-film-milik-hary-tanoe-kuasai-40

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke