Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menko Airlangga: Indikasi Penurunan Kasus Covid-19 Mulai Terlihat di Luar Jawa-Bali

Mantan Menteri Perindustrian itu menyebut, penurunan terjadi di seluruh provinsi, yakni Sumatera, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua. Di Sumatera, kasus aktif turun sebesar -42,17 persen, sementara di Nusa Tenggara turun tajam -65,36 persen.

"Di Kalimantan, kasus aktif turun dari tanggal 9-30 Agustus -51,75 persen, Sulawesi -47,34 persen, dan Maluku Papua -29,9 persen. Sejalan dengan nasional terjadi perbaikan," kata Airlangga dalam konferensi pers, Senin (30/8/2021).

Airlangga menuturkan, terdapat 20 kabupaten/kota yang mengalami tren penurunan mobilitas, sementara 9 kabupaten/kota lainnya mengalami peningkatan.

Penurunan mobilitas terjadi di Dumai, Medan, Rokan Hulu, Pringsewu, Banggai, Banda Aceh, Lampung Selatan, Siak, Luwu Timur, Samarinda, dan Merangin.

Sedangkan 9 kabupaten/kota dengan mobilitas yang meningkat adalah Bandar Lampung, Pekanbaru, Pematangsiantar, Jambi, Sumba Timur, Kupang, Jayapura, Padang, dan Palembang.

"Terdapat 20 kab/kota dengan tren penurunan mobilitas yang melandai, walau turunnya kurang dari 10 persen," bebernya.

Penurunan kasus aktif Covid-19 mempengaruhi asesmen level PPKM. Tercatat, ada 3 provinsi turun dari asesmen level 4. Padahal di tanggal 18 Agustus, masih terdapat 7 provinsi.

Empat provinsi yang masih masuk dalam asesmen level 4 adalah Sulawesi Utara, Bangka Belitung, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Timur.

Penurunan juga terjadi di tingkat kabupaten/kota. Wilayah dengan asesmen level 4 menjadi 85 kabupaten/kota pada 28 Agustus dari 104 kabupaten/kota pada tanggal 20 Agustus. Begitu pula dengan wilayah asesmen level 3 dari 235 kabupaten/kota menjadi 232 kab/kota.

"Tingkat 2 naik dari 48 kabupaten/kota menjadi 68 kabupaten/kota. Dan tingkat 1 naik dari 0 kabupaten/kota jadi 1 kabupaten/kota. Dari level tersebut di luar Jawa terjadi perbaikan level asesmen," pungkas Airlangga.

https://money.kompas.com/read/2021/08/30/204848526/menko-airlangga-indikasi-penurunan-kasus-covid-19-mulai-terlihat-di-luar-jawa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke