Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kuota Belajar Kemendikbud Bisa Digunakan untuk Apa Saja?

JAKARTA, KOMPAS.com - Bantuan kuota belajar Kemendikbud Ristek atau Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi tak bisa digunakan untuk mengakses beberapa aplikasi.

Hal tersebut bertujuan agar bantuan kuota internet gratis dari pemerintah untuk para siswa dan mahasiswa ini benar-benar digunakan sesuai dengan peruntukannya. Misalnya, bantuan kuota internet ini hanya digunakan untuk mengakses aplikasi yang mempermudah para siswa dalam belajar.

Untuk itu, aplikasi yang tak terkait dengan pelajaran tak bisa diakses dengan kuota belajar Kemendikbud Ristek ini.

Lantas, kuota belajar Kemendikbud bisa digunakan untuk apa saja?

Berikut daftar aplikasi yang tak bisa diakses menggunakan kuota gratis dari Kemendikbud berdasarkan laman https://kuota-belajar.kemdikbud.go.id/ :

Aplikasi Video yang Tak Bisa Diakes dengan Kuota Belajar Kemendikbud

  1. Dailymotion
  2. JWPlayer
  3. Likee
  4. Netflix
  5. QQVideo
  6. Tiktok
  7. TVUNetworks
  8. Viu.

Bantuan Kuota Belajar Kemendikbud 2021

Adapun rincian penyaluran bantuan kuota internet gratis lanjutan pada bulan September 2021 ini sebanyak 22,8 juta nomor ponsel peserta didik jenjang PAUD hingga pendidikan tinggi dan 1,6 juta pendidik jenjang PAUD hingga pendidikan tinggi.

Pemberian bantuan kuota belajar Kemendikbud ini sebelumnya telah diumumkan Mendikbudristek pada 8 Agustus 2021 bersama dengan Menteri Keuangan dan Menteri Agama.

Besaran bantuan kuota internet gratis yang dialokasikan bagi peserta didik PAUD adalah 7 GB/bulan dan untuk peserta didik jenjang pendidikan dasar dan menengah adalah 10 GB/bulan.

Sedangkan untuk guru pendidikan anak usia dini (PAUD) dan jenjang pendidikan dasar dan menengah adalah 12 GB/bulan. Sementara itu, bagi mahasiswa dan dosen diberikan bantuan kuota belajar Kemendikbud sebesar 15 GB/bulan.

https://money.kompas.com/read/2021/10/01/140000626/kuota-belajar-kemendikbud-bisa-digunakan-untuk-apa-saja-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke