Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Targetkan Nol Emisi pada 2060, Menko Airlangga: Kuncinya Maksimalkan Teknologi Hijau

DENPASAR, KOMPAS.com - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengingatkan kepada seluruh badan usaha yang memanfaatkan energi fosil untuk bersiap bertransisi menggunakan teknologi ramah lingkungan.

Hal ini sebagai kesepakatan sejumlah pemimpin negara termasuk Indonesia dalam pertemuan G20 di Roma, Italia, dan Conference of the Parties (COP) 26 di Glasgow, Skotlandia, baru-baru ini.

Negara G20 berkomitmen menghentikan pemanfaatan dan pembiayaan batu bara di luar negeri secara bertahap sebagai upaya untuk memangkas suhu bumi.

Apalagi Pemerintah Indonesia juga menargetkan akan mencapai nol emisi (net zero emission) pada tahun 2060 mendatang.

"Kunci dari hal tersebut adalah bekerja maksimal dengan menggunakan teknologi hijau sehingga produk yang dihasilkan adalah yang ramah lingkungan dan tentunya bisa mendukung capaian pengurangan emisi karbon," ujar Airlangga secara virtual dalam ajang Konvensi Internasional ke-2 Indonesia Hulu Migas, di Bali, Selasa (30/11/2021).

SKK Migas kini mulai merancang untuk mengurangi emisi karbon.

Tak menutup kemungkinan, teknologi hijau juga akan diterapkan pada proyek-proyek strategis.

Airlangga mengatakan, hal penting yang harus diperhatikan adalah komitmen untuk melakukan transisi energi yang mengarah pada penggunaan energi baru terbarukan (EBT).

Seiring hal tersebut, pemerintah memperhatikan kecukupan energi guna mendukung kegiatan perekonomian. Dengan demikian, Indonesia bisa membuat terobosan dibandingkan rencana awal.

"Namun kita tetap membutuhan migas bumi sebagai sumber bahan baku energi utama. Bahkan, gas sebagai sumber energi yang rate emisinya rendah tentunya punya peran yang bisa ditingkatkan untuk menggantikan energi fosil lain," kata dia.

Airlangga bilang, persiapan matang perlu dilakukan agar Indonesia bisa terus mendukung pertumbuhan energi dengan harga terjangkau.

Industri hulu migas berperan penting untuk meningkatkan dan menciptakan multiplier effect bagi industri hilir seperti pupuk dan Petrokimia.

"Tahun lalu, Kementerian ESDM memberikan support untuk harga gas pada industri tertentu agar kompetitif. Kebijakan itu perlu diapresiasi agar hilir migas dapat berkembang sehingga tidak hanya pendapatan negara tapi efek penciptaan lapangan kerja dan mendorong ekonomi makro," ucap Airlangga.

https://money.kompas.com/read/2021/11/30/103230826/targetkan-nol-emisi-pada-2060-menko-airlangga-kuncinya-maksimalkan-teknologi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke