Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Makna Hari Ibu bagi Sri Mulyani: Pemberi Kekuatan Saat Kita Merasa Tak Berdaya

Dia menuturkan, sifat tersebut melekat di diri seorang ibu terlepas dari apapun profesinya, menjadi seorang menteri, seorang wanita karir, maupun seorang ibu rumah tangga.

"Ibu itu adalah tempat yang aman buat kita, sebagai sumber kekuatan, motivator membentuk karakter, mengangkat kita pada saat kita jatuh, pada saat lemah, dan sedang stuck. Dia memberikan kekuatan saat kita merasa tidak berdaya," kata Sri Mulyani dalam Talkshow Hari ibu 2021, Rabu (22/11/2021).

Wanita yang akrab disapa Ani ini menuturkan, ibu juga menjadi role model bagi anak-anaknya sejak masih balita. Ibu memegang peranan penting dalam rumah tangga.

Meski beberapa ibu memutuskan menjadi wanita karir, sosok utama ini tetap bisa melakukan pekerjaan rumah sebagai ibu dan menjadi pendukung suami sebagai peran istri.

"Karena kita sebagai perempuan dilahirkan perempuan, kita tahu multitasking dan multirole. Pasti melahirkan kalau kemudian berumah tangga memiliki anak, berarti dia harus melakukan kegiatan sebagai seorang perempuan, ibu, istri, dan kalau ibu bekerja beliau sebagai seorang wanita karir," ucap Ani.

Lebih lanjut mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini mengungkapkan sudah terbiasa melihat ibunya sendiri melakukan banyak pekerjaan sekaligus (multitasking). Saat masih kecil, Sang Ibu masih melanjutkan sekolah sampai menjadi profesor.

Hal ini yang membuat Sri Mulyani menyadari betapa pentingnya pendidikan karena ibunya sudah mencontohkannya sejak ia kecil. Tak ayal, ibu dianggap menjadi sekolah atau madrasah pertama bagi anak-anaknya.

"Cara ibu memberi makan, cara berpikir, bersikap, bertutur kata, itu membentuk kita. Dan itulah sekolah pertama kita. Ibu memberi contoh yang baik, kalaupun tak berpendidikan, mereka percaya anaknya harus dididik lebih baik, itu memberi dampak luar biasa," pungkas Ani.

https://money.kompas.com/read/2021/12/22/210600726/makna-hari-ibu-bagi-sri-mulyani--pemberi-kekuatan-saat-kita-merasa-tak-berdaya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke