Salin Artikel

Siap IPO, Pemilik Gokana Ramen & Teppan Bidik Dana Segar Rp 633 Miliar

Champ akan melepas sebanyak-banyaknya 666,66 juta saham atau setara dengan 30 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh yang terdiri dari sebanyak-banyaknya 222,22 juta saham baru dan sebanyak-banyaknya 444,44 juta saham lama.

Direktur Utama Champ, Ali Gunawan Budiman menyebutkan saham Champ tersebut akan ditawarkan dengan rentang harga Rp 800 per saham sampai dengan Rp 950 per saham. Dengan demikian, dana yang terkumpul dari masyarakat ditargetkan akan mencapai sebanyak-banyaknya Rp 633 miliar, yang terdiri dari Rp 211 miliar dari penawaran umum saham baru dan Rp 422 miliar dari penawaran umum saham lama.

“Kami optimis rencana Initial Public Offering (IPO) ini akan disambut baik oleh pelaku pasar mengingat Champ mempunyai konsep value for money dan scalability untuk seluruh merek F&B yang dimiliki. Saham Champ sangat prospektif ke depannya seiring dengan membaiknya situasi dan kondisi pandemi,” ujar Ali dalam Konferensi Pers Public Expose Kamis (13/1/2022).

Lebih lanjut Ali mengatakan, IPO ini akan memperkuat posisi Champ sebagai salah satu food & beverage platform di Indonesia khususnya pada segmen fast casual dining yang memiliki merek dagang sendiri dengan winning concept yang mengedepankan value for money dan scalability.

Adapun, mayoritas dana dari saham baru hasil IPO ini, sekitar 44 persen akan digunakan untuk pembayaran utang kepada kreditur bank dan pemegang saham, selanjutnya sekitar 14 persen digunakan untuk belanja modal berupa renovasi (fit out) baik untuk outlet baru dan eksisting serta meningkatkan Dapur Utama, dan sisanya akan digunakan untuk modal kerja dalam rangka mendukung kegiatan usaha.

Untuk membantu kelancaran proses pendaftaran di Bursa Efek Indonesia, Champ telah menunjuk PT UOB Kay Hian Sekuritas sebagai Lead Underwriter atau Penjamin Pelaksana Emisi Efek. Direktur Investment Banking PT UOB Kay Hian Sekuritas, Ronald Lohanata memastikan kedepannya, Champ akan berkembang pesat melewati level pra-pandemi.

“Setelah IPO, kami yakin Champ akan terus berkembang pesat ke depannya baik secara organik maupun anorganik. Pertumbuhan ini disebabkan oleh konsep value for money dan scalability yang dimiliki oleh Champ,” kata Ronald.

Secara historis, Champ telah bertumbuh dengan kepemilikan 40 outlet pada tahun 2010 menjadi 276 outlet di akhir tahun 2021. Selain itu, Champ juga memiliki beberapa brand F&B ternama dalam mendukung pertumbuhan bisnisnya di masa depan.

Berdasarkan prospektus awal, pencatatan saham Champ di Bursa rencananya akan dilakukan pada tanggal 7 Februari 2022. Masa penawaran awal atau bookbuilding akan dilakukan pada 12 – 20 Januari 2022, masa penawaran umum perdana saham pada tanggal 31 Januari 2022 – 3 Februari 2022, dan distribusi secara elektronik pada tanggal 4 Februari 2022.

“Semua jadwal ini masih fleksibel dan berpotensi berubah sesuai dengan ketentuan dari Otoritas Jasa Keuangan,” kata Ronald.

https://money.kompas.com/read/2022/01/13/141817026/siap-ipo-pemilik-gokana-ramen-teppan-bidik-dana-segar-rp-633-miliar

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.