Salin Artikel

Daftar SWIFT Code BCA dan Bank Lain di Indonesia

KOMPAS.com - SWIFT code digunakan untuk mengidentifikasikan bank di negara dan cabang tertentu. Setiap bank memiliki SWIFT code yang berbeda, termasuk SWIFT code BCA.

Mengutip buku Mengenal Operasional Perbankan 1 (2015) oleh Ikatan Bankir Indonesia, SWIFT code atau Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunications, dibuat oleh organisasi SWIFT untuk mempermudah anggotanya saling terhubung secara aman meski berbeda negara.

Organisasi SWIFT menyediakan produk dan layanan kepada lebih dari 9.000 anggota yang terdiri dari lembaga sekuritas dan nasabah korporasi di 209 negara.

SWIFT code memungkinnkan anggotanya mengotomatisasi dan menstandarisasi transaksi keuangan. Hal ini bertujuan untuk menurunkan biaya, mengurangi risiko operasional, dan mengefisiensikan operasi.

SWIFT code kemudian terkumpul menjadi satu jaringan yang terdiri dari bank-bank internasional untuk menggunakan SWIFT code sebagai penghubung untuk bertukar informasi secara aman.

Lantas, bagaimana dengan SWIFT code BCA atau kode SWIFT Bank BCA dan bank lainnya di Indonesia?

Seperti diketahui, untuk transfer antar bank di dalam negeri menggunakan kode transfer bank yang berisi tiga digit angka. Sementara transfer antar bank di luar negeri membutuhkan SWIFT code.

SWIFT code biasanya terdiri dari 8 sampai 11 digit kombinasi huruf dan angka, seperti AAAABBCC123. Kode A artinya nama perusahaan keuangan, kode B menunjukkan kode negara bank tersebut berada, kode C dan angka mewakili kode cabang atau lokasi.

SWIFT code digunakan saat ingin bertransaksi pengiriman via kawat (wire transfer) ke bank lain di luar negeri. Jadi, jika ingin transfer uang ke bank A di luar negeri, maka membutuhkan SWIFT code bank tersebut.

SWIFT code BCA

PT Bank Central Asia selaku bank swasta terbesar di Indonesia memiliki SWIFT code tersendiri yang berbeda dengan bank lain. Kode SWIFT Bank BCA, yaitu CENAIDJA.

Kode ini berfungsi sebagai identitas bank, oleh karenannya SWIFT code biasa disebut Bank Identifier Code (BIC). SWIFT code BCA digunakan agar saat transfer ke bank lain diluar negeri, sistem dapat mengidentifikasi kedua bank tersebut.

Dengan demikian, jika nasabah salah memasukkan SWIFT code maka transaksi tidak dapat dilakukan. Mekanisme ini pada dasarnya mirip seperti kode transfer bank biasa.

Berikut SWIFT code BCA dan bank lainnya di Indonesia dilansir dari website Kontan.co.id:

Demikian deretan SWIFT code berbagai bank di Indonesia yang akan memudahkan untuk bertransaksi antar bank di luar negeri. Salah satunya, SWIFT code BCA adalah CENAIDJA.

https://money.kompas.com/read/2022/01/15/095000726/daftar-swift-code-bca-dan-bank-lain-di-indonesia

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.