Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Investasi PLTA Diyakini Akan Semakin Murah

Apalagi, potensi pengembangan EBT di Indonesia masih sangat besar. Potensi sektor PLTA dan Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) saja mencapai 95 giga watt (GW). Dari sisi penurunan emisi karbon, kata Mamit, PLTA merupakan pembangkit yang benar-benar zero emision karena tidak memerlukan backup sumber energi lain yang berasal dari fosil.

Sementara dari sisi investasi, Mamit menilai perkembangan teknologi akan membuat investasi PLTA akan semakin murah.

"Di awal investasinya memang masih tinggi tapi PLTA usianya juga akan lebih panjang dan biayanya lebih murah," kata Mamit melalui keterangan tertulis, Senin (28/2/2022).

Mamit menilai PLTA juga mempunyai kemampuan yang andal dari sisi pasokan dan utilitas. PLTA mempunyai daya tahan yang lebih lama, bisa menjadi pembangkit baseload dan mampu menjadi peaker.

"PLTA ini merupakan EBT yang bisa menjadi peaker atau mampu menjaga beban puncak jika dibandingkan dengan EBT yang lain seperti pembangkit listrik tenaga surya (PLTS), pembangkit listrik tenaga bayu (PLTB) yang masih bersifat intermitten," ujarnya.

Tak hanya itu, PLTA juga bisa menjadi konservasi sumber daya air serta memberikan manfaat lain yang cukup banyak alias multiplier effect-nya besar.

"Untuk itu seluruh pihak perlu mendukung PLN dalam penyediaan PLTA saat ini. Apalagi, proyek PLTA merupakan salah satu proyek yang diutamakan dalam rencana usaha penyediaan tenaga listrik (RUPTL) 2021-2030," ucapnya.

Sebagaimana diketahui, PLN aktif dalam mendongkrak porsi energi baru terbarukan. Ditunjukkan dengan kian gencarnya BUMN kelistrikan membangun pembangkit ramah lingkungan hingga menyerap listrik yang dihasilkan pembangkit EBT milik swasta seperti PLTA Poso dan PLTA Malea di Sulawesi.

https://money.kompas.com/read/2022/02/28/124154526/investasi-plta-diyakini-akan-semakin-murah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke