Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER MONEY] Turis Asing Bisa Masuk Indonesia Tanpa Karantina | Pendiri Medco Group Arifin Panigoro Meninggal Dunia

Pada 1 Maret 2022 mendatang, pemerintah akan melakukan karantina tiga hari bagi pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) yang sudah divaksinasi lengkap dan booster.

Hal ini diterapkan, setelah pemerintah memperoleh masukan dari para pakar dan juga dari hasil analisa data.

Selain itu, pemerintah juga akan melakukan uji coba tanpa karantina bagi PPLN yang akan datang ke Bali dan direncanakan akan mulai diberlakukan pada 14 Maret 2022 mendatang.

"Bisa saja 14 Maret ini kita percepat, kalau data-data nanti selama seminggu ke depan angka (kasus harian Covid-19) membaik. Karena di Bali kami lihat selama beberapa minggu terakhir angkanya terus membaik," kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam keterangan pers virtual, dikutip Senin (28/2/2022).

Simak selengkapnya di sini

2. Pendiri Medco Group Arifin Panigoro Meninggal Dunia, Ini Kata Sang Adik

Kabar duka datang dari industri minyak dan gas (migas) nasional. Pendiri Medco Group Arifin Panigoro meninggal dunia pada Minggu (27/2/2022) pukul 02.29 waktu Rochester Minneapolis USA atau Senin (28/2/2022) dini hari sekitar pukul 03.29 WIB.

Kabar ini dikonfirmasi oleh Direktur Utama PT MedcoEnergi Internasional Tbk (MEDC), Hilmi Panigoro yang juga merupakan adik dari mendiang Arifin Panigoro.

“Kami keluarga besar Bapak Arifin Panigoro dan Medco Group berterima kasih atas bantuan dari semua pihak dan pekerja atas dukungan dan doa selama beliau dirawat," ujar Hilmi saat di konfirmasi Kompas.com, Senin (28/2/2022).

"Mohon dimaafkan apabila ada kekhilafan selama beliau beraktivitas selama ini,” lanjutnya.

Selengkapnya baca di sini

3. Profil Mendiang Arifin Panigoro, Sang Raja Minyak Indonesia, Bangun Medco Saat "Oil Boom" hingga Pernah Jadi Watimpres Jokowi

Arifin Panigoro, pengusaha yang juga dikenal sebagai pendiri dan pemilik Medco Group meninggal dunia pada Minggu (27/2/2022) pukul 02.29 waktu Rochester Minneapolis USA atau Senin (28/2/2022) dini hari sekitar pukul 03.29 WIB.

Arifin meninggal di usia ke-76 tahun. Rencananya jenazah Arifin akan disemayamkan di rumah duka di Griya Jenggala, Jalan Jenggala 1, Jakarta Selatan.

Kabar tersebut dikonfirmasi oleh Direktur Utama PT MedcoEnergi Internasional Tbk (MEDC), Hilmi Panigoro yang juga merupakan adik dari mendiang Arifin Panigoro.

"Kami keluarga besar Bapak Arifin Panigoro dan Medco Group berterima kasih atas bantuan dari semua pihak dan pekerja atas dukungan dan doa selama beliau dirawat Mohon dimaafkan apabila ada kekhilafan selama beliau beraktivitas selama ini,” ujar Hilmi saat dikonfirmasi Kompas.com, Senin (28/2/2022).

Selengkapnya simak di sini

4. Harga Minyak Dunia Melonjak Efek Invasi Rusia ke Ukraina, Bursa Asia Terkapar

Minyak berjangka naik lebih dari 4 persen, mendorong pergerakan saham di Asia-Pasifik lebih volatile, Senin (28/2/2022).

Dilansir dari CNBC, minyak mentah berjangka West Texas Intermediate naik 5,2 persen menjadi 96,35 dollar AS per barel di perdagangan bursa Asia.

Patokan internasional minyak mentah Brent naik 4,3 persen di posisi 102,14 dollar AS per barrel, atau melewati level 100 dollar AS per barel pada minggu lalu, yang sempat menyentuh 105 dollar AS.

Emas spot, sebagai aset aman di tengah ketidakpastian global, diperdagangkan di level 1.910,84 dollar AS per troy ounce atau naik 1,23 persen.

Baca selengkapnya di sini

5. Mengenal SWIFT, Senjata Non-Nuklir yang Bisa ‘Hancurkan’ Ekonomi Rusia

Amerika Serikat menaggapi invasi Rusia ke Ukraina dengan sederetan sanksi terhadap negeri Beruang Merah tersebut, temasuk ancaman berupa pemutusan akses Rusia ke sistem pembayaran internasional SWIFT.

Dikutip dari laman Forbes, Senin (28/2/2022), SWIFT merupakan singkatan dari Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunication.

Sistem berbasis di Belgia ini tercatat (tahun 2021), menangani permintaan pembayaran sekitar 11.000 lembaga keuangan di seluruh dunia, dan menyampaikan 42 juta pesan per hari.

Dampak SWIFT ke pelemahan ekonomi Rusia The Washington Post menyamakan sistem ini dengan "Gmail perbankan global," dan Financial Times mencatat, pemutusan akses atau transaksi perbankan antar negara yang dilakukan tanpa SWIFT akan jauh lebih mahal dan lebih lama. Pemblokiran Rusia dari SWIFT memiliki dampak ekonomi yang signifikan.

Lalu apa SWIFT tersebut? Simak selengkapnya di sini

https://money.kompas.com/read/2022/03/01/054000326/-populer-money-turis-asing-bisa-masuk-indonesia-tanpa-karantina-pendiri-medco

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke