Salin Artikel

Wall Street Akhir Pekan Ditutup Merah, Saham Amazon Jatuh 14 Persen

Nasdaq Composite yang ambles 4,2 persen menjadi 12.334,64, yang terbebani oleh penurunan pasca pendapatan Amazon. S&P 500 juga terperosok 3,6 persen menjadi 4.131,93. Demikian juga dengan Dow Jones Industrial Average (DJIA) yang turun 939,18 poin, atau mendekati 2,8 persen, menjadi 32.977,21.

Pelemahan Wall Street di akhir bulan April didorong oleh banyaknya tekanan di pasar global. Dari mulai pengetatatn moneter oleh Federal Reserve, kenaikan suku bunga, inflasi yang berkelanjutan, lonjakan kasus Covid-19, hingga kondisi geopolitk Rusia dan Ukraina.

“Pasar mencoba untuk menghalau sentimen negatif yang ada. Dengan rencana The Fed menaikkan suku bunga dan semua ketidakpastian yang dihadapi ekonomi global, sulit untuk membangkitkan semangat pasar,” kata Yung-Yu Ma dari BMO Wealth Management dikutip dari CNBC.

Saham – saham teknologi menjadi sasaran aksi jual oleh para investor karena sentimen kenaikan suku bunga oleh The Fed, dan masalah rantai pasok akibat lonjakan Covid-19, hingga perang Rusia – Ukraina.

Amazon pada jam perdagangan Jumat ambles 14 persen, dan merupakan penurunan tertinggi sejak tahun 2006. Pelemahan saham Amazon terjadi setelah pengumuman laporan keuangan kuartal I tahun 2022 yang menunjukkan kerugian pada perusahaan e-commerce tersebut.

"Kinerja pasar saat ini mengancam, setelah aksi transisi dari koreksi yang panjang. Maret 2020 misalnya mengalami penurunan yang sangat tajam, tetapi pemulihannya sama cepatnya. Episode saat ini terlihat jauh lebih mungkin untuk menimbulkan kerugian jangka panjang pada investor, " tulis Ketua Manajemen Aset Marketfield Michael Shaoul.

Saham Apple juga turun sekitar 3,7 persen setelah manajemen mengatakan terdapat kendala rantai pasokan menghambat pendapatan fiskal kuartal ketiga. Saham Intel juga turun 6,9 persen setelah perusahaan pesimis dengan pendapatan di kuartal mendatang.

https://money.kompas.com/read/2022/05/01/084500326/wall-street-akhir-pekan-ditutup-merah-saham-amazon-jatuh-14-persen

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.