Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cek Rute Baru KRL Jabodetabek dan Cara Transit di Stasiun Manggarai Lengkap, Berlaku Hari Ini

Hal ini dikarenakan PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) mengerjakan Switch Over kelima (SO 5) Stasiun Manggarai.

Lintas Bogor

Dilansir dari laman Instagram @commuterline, dalam pelaksanaan SO-5 ini, perjalanan KRL Lintas Bogor hanya melayani relasi Bogor/Depok/Nambo – Jakarta Kota PP via Stasiun Manggarai.

Seluruh perjalanan KRL pada lintas tersebut akan dilayani di peron jalur 10,11,12 dan 13 Stasiun Manggarai.

Lintas Cikarang

Sementara untuk Untuk KRL Lintas Cikarang akan dilayani dengan dua skema pola operasi yaitu:

1. Full Racket (Looping)

a) Cikarang/Bekasi – Jatinegara – Manggarai – Kampung Bandan – Pasar Senen – Jatinegara – Bekasi/Cikarang

b) Cikarang/Bekasi – Jatinegara – Pasar Senen – Kampung Bandan – Manggarai – Jatinegara – Bekasi/Cikarang


2. Half Racket

a) Cikarang/Bekasi – Jatinegara – Manggarai - Tanah Abang – Kampung Bandan (PP)

b) Cikarang/Bekasi – Jatinegara – Manggarai - Tanah Abang - Angke (PP)

Mulai hari ini seluruh pelayanan perjalanan KRL Lintas Cikarang di Stasiun Manggarai akan dilayani di peron jalur 6 dan 7 Stasiun Manggarai.

KA Bandara dan KA Jarak Jauh

Namun untuk KRL Rangkasbitung, KRL Tangerang, KA Bandara Soekarno-Hatta, dan KA jarak jauh tidak mengalami perubahan.

Untuk KA Bandara tetap dilayani di peron 8 dan 9.

"Untuk Stasiun Manggarai ini ada 3 lantai sekarang ya. Lantai 1 jalur 6-7 untuk pengguna jasa KRL, kemudian di lantai 2 itu untuk transit dan lain-lain, kemudian di lantai 3 adalah jalur layang untuk KRL Bogor sampai ke Jakarta Kota," jelas VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba, Jumat (28/5/2022).

Cek jadwal di aplikasi KRL Acess

Dia mengimbau kepada seluruh pengguna KRL Jabodetabek agar mengatur kembali perjalanannya dengan pengecekan jadwal secara berkala di aplikasi KRL Access, serta selalu ikuti arahan dari petugas di area Stasiun maupun di dalam KRL.

"Kami perlu sampaikan ke pengguna jasa KRL ayo kita rencanakan perjalanan kita," kata dia.


Transit di Stasiun Manggarai Tak Perlu Menyeberang Rel

KCI juga mengubah pola transit penumpang KRL Commuter di Stasiun Manggarai menjadi lebih mudah karena per hari ini penumpang tidak perlu menyeberang rel lagi saat transit.

Anne mengatakan, nantinya proses transit akan jauh lebih mudah, di mana penumpang hanya perlu naik atau turun stasiun.

"Transit di Manggarai itu kayaknya ruwet, transit saat ini tidak perlu menyeberang rel. Tinggal turun atau naik pakai tangga manual atau lift. Jalur bawah 6 dan 7 atas 10 hingga 12," ujar Anne saat acara Ngobras di Gedung Kemenhub, Jakarta, Rabu (25/5/2022).

Kemudahan proses transit ini lebih diperlukan di Stasiun Manggarai yang jumlah penumpang transitnya lebih banyak dari jumlah penumpang masuk.

Dengan tidak perlu lagi menyeberang rel saat transit maka dapat meningkatkan keselamatan penumpang di stasiun ini karena pergerakan penumpang yang melintasi rel berkurang drastis.

"Penumpang yang masuk dari Stasiun Manggarai sangat kecil sekali sebenarnya di bawah 5.000 untuk gate innya. tapi kalau transit ini yang sangat luar biasa, sekitar 20.000-200.000 orang saat ini yang transit itu justru crossing (menyeberang rel)," jelasnya.

Dengan adanya perubahan pola operasi KRL, maka nantinya rute KRL Bogor-Jatinegara akan dihapus sehingga KRL Bogor hanya melayani hingga Stasiun Jakarta-Kota.

KRL Cikarang/Bekasi juga dialihkan ke arah Sudirman, Tanah Abang, Duri, Kampung Bandan, Jatinegara dan kembali ke Cikarang.

Perubahan tersebut membuat penumpang KRL Bogor yang ingin turun di Stasiun Sudirman, Tanah Abang, Duri Kampung Bandan, hingga Jatinegara harus transit di Stasiun Manggarai.

Begitupun dengan penumpang KRL Cikarang/Bekasi yang akan ke Jakarta Kota harus transit di Stasiun Manggarai untuk berganti kereta tujuan Bogor-Jakarta Kota.

Selain itu, kecepatan perjalanan KRL juga meningkat dari 70 kilometer per jam menjadi 90 km per jam pada lintas Manggarai-Jakarta Kota dan menjadi 95 km per jam pada lintas Cikarang/Bekasi–Jatinegara.

https://money.kompas.com/read/2022/05/28/093000026/cek-rute-baru-krl-jabodetabek-dan-cara-transit-di-stasiun-manggarai-lengkap

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke