Salin Artikel

Berapa Tagihan Berlangganan Wifi IndiHome dalam Sebulan?

KOMPAS.com – Wifi IndiHome adalah layanan internet fixed broadband atau fiber optik yang disediakan PT Telkom Indonesia Tbk (Telkom). Sejauh ini, layanan fiber optik dianggap sebagai koneksi internet paling stabil dibandingkan jaringan nirkabel.

Sebagai pemain lama di pasaran dan didukung dengan infrastruktur jaringan kabel optiknya, membuat wifi IndiHome paling banyak menguasai pasar internet berlangganan di Indonesia.

Bahkan di beberapa daerah, wifi IndiHome boleh dikatakan memonopoli jasa internet kabel karena tak ada satu pun pesaing.

Sebelum melakukan pemasangan, calon pengguna tentu perlu mengetahui besaran biaya pasang wifi IndiHome serta daftar paket IndiHome yang tersedia. Dengan begitu, Anda dapat menyiapkan dana terlebih dahulu.

Rincian biaya pasang wifi IndiHome juga biasanya digunakan sebagai pertimbangan sebelum memutuskan untuk berlangganan internet fiber optik ini.

Dikutip dari laman indihome.co.id, IndiHome menawarkan berbagai paket internet dengan tarif bulanan dan kecepatan beragam, mulai dari harga wifi IndiHome 20 Mbps Rp 273.000 per bulan hingga 100 Mbps seharga Rp 945.000 per bulan.

Secara garis besar paket harga wifi IndiHome terbagi menjadi tiga kategori berdasarkan bundling jenis layanan yang dipaketkan, yakni internet only (1P), internet + telepon/ TV (2P) dan internet + telepon + TV (3P).

Harga wifi Indihome 2022

1. Paket harga wifi IndiHome 1P (internet only)

  • 20 Mbps: 330.000 per bulan
  • 50 Mbps: Rp 560.000 per bulan
  • 100 Mbps: Rp 920.000 per bulan

2. Paket harga wifi IndiHome 2P (internet + telepon, gratis 100 menit)

  • Up to 20 Mbps: Rp 275.000 per bulan
  • Up to 30 Mbps: Rp 315.000 per bulan
  • Up to 40 Mbps: Rp 385.000 per bulan
  • Up to 50 Mbps: Rp 445.000 per bulan
  • Up to 100 Mbps: Rp 795.000 per bulan

3. Paket harga wifi IndiHome 2P (internet + TV, 109 channel)

  • Up to 20 Mbps: Rp 345.000 per bulan
  • Up to 30 Mbps: Rp 420.000 per bulan
  • Up to 40 Mbps: Rp 495.000 per bulan
  • Up to 50 Mbps: Rp 560.000 per bulan
  • Up to 100 Mbps: Rp 915.000 per bulan

4. Paket harga wifi IndiHome 3P (internet + telepon, gratis 300 menit + TV, 109 channel)

Batas kecepatan wifi IndiHome

Layanan internet IndiHome bisa diakses tanpa batasan kuota (unlimited), tapi terdapat Fair Usage Policy yang akan mengurangi kecepatan (throttling) apabila konsumsi data sudah melewati jumlah tertentu.

Terdapat dua batas kuota FUP. Jika konsumsi data melewati batas pertama, maka kecepatan akan dikurangi menjadi 75 persen, misalnya dari 10 Mbps menjadi 7,5 Mbps.

Kemudian, apabila telah melewati batas kuota FUP kedua, kecepatan akan diturunkan lebih jauh menjadi 40 persen atau misalnya dari 10 Mbps menjadi hanya 4 Mbps.

Batasan kuota FUP ini berbeda-beda tergantung paket yang diambil. Semakin tinggi kecepatannya, maka batasan FUP semakin besar pula.

Misalnya, untuk paket dengan kecepatan 20 Mbps, batas kuota FUP pertama dengan penurunan kecepatan menjadi 75 persen adalah 500 GB. Batas kedua dengan penurunan kecepatan menjadi 40 persen ada di angka 800 GB.

Sementara itu, untuk paket dengan kecepatan 30 Mbps, batas kuota FUP pertama adalah 700 GB, lalu batas kedua dipatok sebesar 1.200 GB.

Biaya pasang wifi IndiHome

Biaya layanan IndiHome (termasuk biaya pasang wifi IndiHome) terdiri dari biaya pasang baru (PSB), biaya paket IndiHome, dan biaya lainnya seperti biaya meterai, tagihan tunggakan, biaya mutasi, termasuk denda keterlambatan dan denda pengakhiran.

Secara khusus untuk pelanggan baru, biaya pasang wifi IndiHome adalah sebesar Rp 250.000 atau juga dikenal dengan PSB (Biaya Pasang Baru).

Sementara untuk tagihan per bulannya sesuai harga wifi IndiHome, dimulai terhitung sejak Layanan IndiHome ber-Status Completed Non Aktif (meskipun layanan belum dapat dinikmati oleh pelanggan karena pelanggan belum membayar Biaya PSB).

Pembayaran bulan pertama, biaya layanan IndiHome akan jatuh tempo pada tanggal 20 bulan berikutnya setelah pemasangan perangkat CPE di alamat instalasi dilakukan dan akan dibayarkan secara proporsional (pro rata).

Pembayaran tagihan sesuai harga wifi IndiHome sesuai pilihan paketnya ditagihkan dalam satu invoice (single invoice), sehingga pembayaran tagihan Biaya Layanan IndiHome menjadi satu kesatuan, tidak dapat dibayarkan sebagian.

Informasi mengenai besaran harga wifi IndiHome per bulannya dapat diperoleh oleh pelanggan dengan cara berlangganan electronic Billing System (eBS) yang registrasinya melalui seluruh channel layanan Telkom.

https://money.kompas.com/read/2022/06/28/091346026/berapa-tagihan-berlangganan-wifi-indihome-dalam-sebulan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.