Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jamin Suplai ke Kilang Pertamina, Proyek Pipa Gas Senipah-Balikpapan Dimulai

Achmad Muchtasyar Direktur Teknologi & Infrastruktur PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) selaku perwakilan Direksi Sub Holding Gas Pertamina mengatakan, milestone yang menandai dimulainya Proyek Pipa Gas Senipah-Balikpapan dilakukan dengan acara First Welding (pengelasan pertama) sambungan pipa.

“Pembangunan pipa gas sepanjang 78 Km dengan diameter 20 inchi tersebut diharapkan dapat dimanfaatkan sepenuhnya untuk kebutuhan Kilang Pertamina Balikpapan dengan mengalirkan gas dari lapangan di wilayah Senipah Kalimantan Timur dengan kapasitas maksimal 125 MMSCFD,” kata Achmad dalam siaran pers, Rabu (6/7/2022).

Achmad mengatakan, infrastruktur pipa gas ini menjadi satu kesatuan yang tak terpisahkan dengan pengembangan Kilang Pertamina Balikpapan. Achmad berharap dengan pembangunan pipa gas ini, supply energi tentunya akan terjamin, dan berkontribusi kepada optimalisasi operasional kilang kedepannya.

Direktur Utama PT Kilang Pertamina Balikpapan Feri Yani menyampaikan, sinergi antaranak usaha Pertamina ini akan mendukung percepatan program pengembangan Kilang Pertamina Balikpapan.

"Kilang Pertamina Balikpapan bertujuan meningkatkan kapasitas pengolahan dan produksi kilang. Dengan sinergi ini kami yakin nantinya Kilang Pertamina Balikpapan dapat meningkatkan produksi BBM dengan kuantitas dan kualitas optimal untuk kebutuhan di wilayah Indonesia Timur," jelas Feri.

Direktur Utama PT Pertamina Gas (Pertagas) Gamal Imam Santoso mengatakan, Pertamina berkomitmen menyelesaikan Proyek Pipa Gas Senipah-Balikpapan dengan baik melalui pembangunan infrastruktur pipa gas yang handal, efisien dan dapat beroperasi tepat waktu.

“Dalam situasi pandemi Covid-19, seluruh proses pengerjaan proyek Pipa Gas Senipah-Balikpapan ini tetap mengikuti protokol kesehatan. Pipa ini nantinya akan melintasi Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kota Balikpapan," tegas Gamal.

https://money.kompas.com/read/2022/07/06/163000526/jamin-suplai-ke-kilang-pertamina-proyek-pipa-gas-senipah-balikpapan-dimulai

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke