Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bos Garuda Sebut Investor di UEA Terkagum-kagum dengan Cerita Restrukturisasi Garuda

Saat ini memang pemerintah tengah melirik beberapa investor untuk berinvestasi pada salah satu perusahaan penerbangan plat merah tersebut.

Dua maskapai seperti Emirates dan Etihad juga santer disebut-sebut tengah dalam pembicaraan untuk kerja sama.

Mengutip Youtube Resmi Kementerian BUMN pada Rabu (20/7/2022), Irfan mengatakan ada pembicaraan dengan dua maskapai besar tersebut. Irfan juga mengatakan, Emirates dan Etihad terkagum – kagum dengan proses restrukturisasi yang dijalani oleh Garuda.

“Saya itu pergi ke Dubai mendampingi pak Menteri (Erik Thohir). Kami memang bertemu dengan beberapa pihak (calon investor). Kami cerita ke mereka bahwa Garuda Indonesia itu direstrukturisasi, dan mereka terkagum-kagum. Tapi, kami enggak tahu bentuk kekagumannya itu, follow up-nya seperti apa nanti,” ujar Irfan.

Di sisi lain, Irfan mengatakan bahwa ada kerja sama yang dilakukan antara Indonesia dengan UEA. Hanya saja, ia tidak mengungkapkan secara rinci terkait dengan kerja sama yang akan dilakukan.

“Pasti ada (bakal - bakal kerja sama), kan enggak mungkin datang ke sana cuma kenalan, haha hihi.. enggak gitu juga. Pasti diminta menyiapkan sesuatu dan gimana-gimananya,” jelas dia.

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, pihaknya akan mulai mencari investor, setelah Garuda Indonesia memperoleh dana Penyertaan Modal Negara (PMN) sebesar Rp 7,5 triliun.

Erick menekankan, investor yang nantinya akan bekerja sama sebagai partner strategis dengan Garuda Indonesia, harus memiliki nilai tambah.

Erick juga mewanti–wanti agar jangan sampai Indonesia hanya menjadi market saja. Ia juga berharap kerja sama dengan UEA bisa menjadi jendela bagi produk Indonesia, ke Timur Tengah, Afrika, bahkan Eropa.

“Siapapun itu, wajib menjadi partner strategis, jadi bukan hanya uang . Itulah mengapa laut dan udara kita perbaiki secara ekosistem. Salah satunya, bisa Emirates, bisa Etihad yang akan menjadi bagian daripada logistik ekosistem udara kita. Tapi belum putus, kan kemarin baru persentasi,” kata Erick usai rapat kerja bersama Komisi VI DPR RI, Senin (4/7/2022).

https://money.kompas.com/read/2022/07/22/134000326/bos-garuda-sebut-investor-di-uea-terkagum-kagum-dengan-cerita-restrukturisasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke