Salin Artikel

Dukung Work Life Balance, Perusahaan Ini Berikan Cuti bagi Karyawan yang Berulang Tahun

Belum banyak perusahaan yang melihat ini sebagai hal penting. Algoritma Data Science School yang merupakan perusahaan data science memberikan birthday leave atau cuti ulang tahun untuk semua karyawannya yang berulang tahun.

Program cuti ulang tahun ini akan berlaku mulai tanggal 1 Agustus 2022, siapa pun yang berulang tahun boleh mengambil cuti 1 hari di hari ulang tahunnya dan menghabiskan hari spesial bersama keluarga, sahabat, dan orang tersayang dengan tenang, tanpa terganggu dengan urusan pekerjaan.

Perasaan diperhatikan dan dihargai oleh perusahaan sebagai personal adalah hal yang selalu ingin ditumbuhkan perusahaan kepada semua karyawannya. Cuti ulang tahun adalah satu dari beberapa hal yang diberikan Algoritma dalam mengapresiasi kinerja karyawan.

“Birthday leave ini diberikan sebagai bentuk apresiasi kami dengan apa yang telah mereka berikan kepada perusahaan. Memberikan karyawan waktu untuk merayakan hari penting bersama keluarga seperti ini sangat penting untuk menunjang kehidupan kerja yang seimbang (work-life balance) bagi karyawan," ujar Nayoko Wicaksono, Direktur Algoritma Data Science School, dalam siaran pers, Senin (1/8/2022).

Sebelumnya, setiap kali ada karyawan yang berulang tahun ada beberapa hal yang rutin dilakukan, seperti mengucapkan selamat ulang tahun di grup, memberikan kue ulang tahun, dan foto bersama.

Saat kasus pandemi Covid-19 sedang tinggi-tingginya dan diwajibkan untuk WFH (work from home), perusahaan akan mengirimkan kue ke rumah karyawan. 

"Interaksi-interaksi positif yang tercipta di lingkungan kerja dalam momen ulang tahun seperti ini dapat mempengaruhi ikatan emosional karyawan pada perusahaan," tambah Nayoko.

Birthday leave adalah salah satu terobosan reward yang layak untuk diterapkan di banyak perusahaan di Indonesia dalam mendukung work-life balance.

The Corporate Executive Board merilis hasil surveinya terhadap 50.000 karyawan di berbagai perusahaan di dunia. Hasilnya, karyawan yang merasakan work-life balance akan bekerja 21 persen lebih keras dibanding mereka yang merasakan kejenuhan tanpa kesempatan cuti.

https://money.kompas.com/read/2022/08/02/060500326/dukung-work-life-balance-perusahaan-ini-berikan-cuti-bagi-karyawan-yang

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.