Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pemerintah Bakal Gabungkan Holding BUMN Farmasi dan Holding BUMN Rumah Sakit

“Soal renacana penggabungan holding dalam rangka melengkapi ekosistem kesehatan. Meskipun di holding farmasi kita sudah punya lengkap, tapi kita belum punya RS,” kata Honesti di Jakarta, Senin (22/8/2022

Honesti mengatakan, holding farmasi memiliki ekosistem terintegrasi. Ini terlihat dari manufaktur, distribusi, layanan kesehatan berupa klinik, hingga ritel farmasi bersama PT Kimia Farma, Indo Farma, dan Industri Nuklir Indonesia (Inuki).

"Hasil diskusi dengan Kementerian BUMN, holding RS akan segera bergabung dengan kita," lanjutnya.

Dia menjelaskan, dengan pembentukan holding kesehatan maka Indonesia akan memiliki korporasi dengan ekosistem terlengkap di industri kesehatan. Namun demikian, penggabungan holding ini bukan berarti harus inbreng saham.

"Kita fokus RS masuk IHC, dan IHC ini masuk ke Bio Farma. Jadi ada manajemen operasi operasi grup healh care, IHC jadi grup di bawah Bio Farma. IHC nanti satu grup itu masuk ke bawah Bio Farma,” lanjutnya.

Nantinya dengan penggabungan Holding BUMN Farmasi dan Holding Rumah Sakit BUMN, nama holding pun akan berubah.

Honesti menyebut, penggabungan ini merupakan penugasan dari pemerintah.

Menurut dia, Bio Farma juga diberikan mendat oleh Kementerian BUMN untuk menjadi Holding BUMN Farmasi. Penugasan ini masuk dalam program pemerintah, yakni ketahanan kesehatan nasional. Selain sebagai holding, Bio Farma juga merupakan induk bagi Kimia Farma dan Indofarma.

Sebagai informasi pada Juli ini, PT. Industri Nuklir Indonesia (Persero) atau INUKI bergabung dengan Holding BUMN Farmasi. INUKI fokus pada produk-produk radiofarmaka serta pengobatan berbasis nuklir.

“Jadi yang saya bilang holding farmasi ini lebih kepada supply side ya, obat-batanan, vaksin, dll. Tapi di layanan kita harus memperkuat layanan termasuk RS, dengan bergabungnya RS BUMN ada 60-70 an, PTPN punya, RNI punya, dan Pertamina, ini sekaligus penataan portofolio,” tegas dia.

https://money.kompas.com/read/2022/08/23/090900726/pemerintah-bakal-gabungkan-holding-bumn-farmasi-dan-holding-bumn-rumah-sakit-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke