Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Indonesia Tertarik Kerja Sama Kembangkan Kapal Listrik dengan Denmark

Hal tersebut ia kemukakan usai melakukan pertemuan internal dengan Menteri Kerja Sama Pembangunan dan Nordik dari Denmark, Flemming Moller Mortensen, di Kepulauan Belitung, Rabu (7/9/2022).

"Kita sebenarnya sudah punya kerja sama di bidang perkapalan untuk perkapalan yang menggunakan energi listrik. Jadi itu bagaimana kita bisa mengembangkan kerja sama karena Denmark yang punya pulau seperti Indonesia dengan 400 pulaunya," kata Suharso di sela perhelatan G20 Ministerial Development Meeting Side Event.

"Mereka juga connectivity-nya berdasarkan kapal-kapal yang dijalankan dengan kapal listrik. Nah, kita juga berminat untuk jarak-jarak pendek di Negeri Indonesia," sambung dia.

Pembahasan berikutnya terkait blended finance atau pendanaan campuran dari berbagai negara, seperti Denmark salah satunya. Dengan blended finance tersebut lanjut Suharso, akan dimanfaatkan untuk transisi energi ramah lingkungan.

"Peluang untuk blended finance terkait dengan pembiayaan transisi energi. Kita tahu bahwa kita punya komitmen untuk menurunkan efek gas rumah kaca atas upaya sendiri sekitar 29 persen pada 2030. Tapi kalau dibantu bisa mencapai 45 persen. Kita bercita-cita net zero emition pada 2060. Syukur kalau bisa mencapai 2050," jelasnya.

"Yang paling penting bagaimana kita bisa menurunkan efek dari gas rumah kaca dan energi-energi yang ada di Pulau Jawa," ucap dia.

Kemudian, kedua negara ini juga membahas teknologi informatika (IT), masalah global yang dihadapi, serta menyatakan kehadiran Perdana Menteri Denmark, Lars Lokke Rasmussen di puncak acara KTT G20 yang berlangsung di Bali, pada November tahun ini.

https://money.kompas.com/read/2022/09/07/214500826/indonesia-tertarik-kerja-sama-kembangkan-kapal-listrik-dengan-denmark

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke