Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Industri PVC Dinilai Berpotensi Jadi Akselerator Pembangunan Berkelanjutan

Dalam seminar internasional, “PVC For Sustainable Future - Enhance PVC Role in Circular Economy” di Jakarta pada Kamis (3/11/2022), Wakil Ketua Asean Vinyl Council (AVC) yang juga menjabat sebagai Presiden Direktur PT Asahimas Chemical (ASC), Jun Miyazaki menjelaskan, industri PVC berpotensi menjadi katalis dan akselerator pembangunan berkelanjutan di seluruh dunia.

“Tidak hanya pada Industri, SDG’s juga memberi kesempatan kepada pemerintah, organisasi masyarakat sipil, dan institusi akademik untuk menciptakan peluang baru, mengembangkan inovasi baru, dan membangun pasar baru di mana ekonomi baru dapat dibangun,” kata Jun Miyazaki dalam siaran pers.

Jun Miyazaki mengungkapkan, pihaknya mendukung program pemerintah terkait kecukupan bahan baku plastik dalam negeri khususnya komoditas PVC, juga untuk mendukung pencapaian Sustainable Development Goals dalam pilar keberlanjutan ekonomi dan lingkungan.

Miyazaki menambahkan, dalam praktik bisnisnya ASC sudah mengoptimalkan 3R yakni Reduce, Reuse, dan Recycle sebagai kontribusi pada ekonomi sirkular. ASC juga sudah mengurangi emisi CO2 dalam aktivitas bisnis sehari-hari.

"Sehubungan dengan hal ini, salah satu upaya terbaru yang dilakukan ASC adalah menandatangani kontrak pembelian 18 juta unit Sertifikat Energi Terbarukan (setara 18.000 GWh) dengan PLN. Selain itu, ASC juga mengendalikan mikroplastik secara sukarela,” kata  dia.

Sementara itu, Plt. Direktur Jendral Industri Kimia, Farmasi dan Tekstil Kementerian Perindustrian Kementerian Perindustrian, Ignatius Warsito berharap industri bisa berkomitmen dalam mendukung program pemerintah, terkait kecukupan bahan baku plastik dalam negeri khususnya komoditas Poly Vinyl Chloride (PVC).

Dia mengatakan, industri juga dapat mendorong penyusunan strategi untuk kecukupan PVC jangka Panjang dan kebijakan ekonomi sirkular secara komprehensif.

“Kami juga berharap, ada pemahaman terkait dengan keberlanjutan PVC, dan diikuti dengan tindakan nyata serta berkontribusi lebih pada pertumbuhan ekonomi di Indonesia,” ungkap Ignatius.

https://money.kompas.com/read/2022/11/03/164748626/industri-pvc-dinilai-berpotensi-jadi-akselerator-pembangunan-berkelanjutan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke