Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jokowi: ASEAN Selangkah Lebih Maju dalam Hal Pembayaran Lintas Batas

Di momen inilah 5 bank sentral negara ASEAN atau ASEAN 5, yaitu Bank Indonesia (BI), Bank Negara Malaysia (BNM), Bangko Sentral ng Pilipinas (BSP), Monetary Authority of Singapore (MAS), dan Bank of Thailand (BOT) mengukuhkan komitmennya untuk bekerja sama dalam sistem pembayaran lintas batas.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan langkah ASEAN 5 untuk berkerja sama menghubungkan pembayaran lintas batas ini dinilai lebih maju dibanding negara lain.

Pasalnya, saat ini Indonesia dan Thailand sudah terkoneksi sistem pembayaran QR cross border. Kemudian Singapura dan Thailand sudah terkoneksi fast payment.

"ASEAN telah selangkah lebih maju dibandingkan negara lain dalam implementasi interkoneksi pembayaran lintas batas," ujarnya saat memberikan sambutan di acara Advancing Regional Digital Payment Connectivity, Senin (14/11/2022).

Oleh karenanya, dia bilang, kerja sama ini harus diresmikan agar konektivitas pembayaran regional dapat terwujud sebagai bukti konkrit implementasi peta jalan G20 untuk meningkatkan pembayaran lintas batas.

Presiden Jokowi juga mendukung inisiatif konektivitas pembayaran regional dapat terus diperluas hingga ke tingkat global.

Pasalnya, kemudahan akses pembayaran dapat berdampak signifikan terhadap perekonomian, terutama sektor pariwisata, perdagangan, dan UMKM sehingga akan mendorong akselerasi penggunaan ekonomi yang lebih kuat dan inklusif.

Dia pun mencontohkan implementasi akses pembayaran digital di Indonesia melalui QRIS dan BI Fast yang dapat mempercepat transformasi digital.

"Telah dilakukan berbagai langkah-langkah terobosan sistem pembayaran yaitu melalui pengembangan QRIS, BI Fast, dan tim percepatan perluasan digitalisasi daerah untuk mempercepat digitalisasi transaksi pemerintah," tuturnya.

https://money.kompas.com/read/2022/11/14/105359726/jokowi-asean-selangkah-lebih-maju-dalam-hal-pembayaran-lintas-batas

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke