Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Joe Biden Ungkap Rencana Investasi Rp 12,4 Triliun untuk Transportasi Sadar Iklim di Indonesia

Biden mengatakan, investasi ini untuk membangun transportasi yang sadar iklim dan mendukung tujuan pembangunan Indonesia.

"Kami juga berencana untuk menginvestasikan 798 juta dollar AS melalui new Millennium Challenge Corporation dengan Indonesia," ujar Biden dalam rangkaian acara KTT G20, Selasa (15/11/2022).

AS investasi 20 miliar dollar AS ke RI untuk perluas EBT

Selain itu, Indonesia juga akan mendapatkan investasi senilai 20 miliar dollar AS (Rp 311 triliun, kurs Rp 15.550 per dollar AS) untuk melakukan transisi energi dan mengembangkan energi bersih.

"Kami berharap memobilisasi 20 miliar dollar AS untuk mendukung upaya Indonesia mengurangi emisi dan memperluas energi terbarukan dan mendukung pekerja yang paling terdampak dengan transisi dari batu bara," jelas Biden.

Dia menambahkan, upaya pendanaan ini merupakan hasil kerja Glasgow Financial Alliance for Net Zero (GFANZ). GFANZ merupakan koalisi lembaga keuangan terbesar di dunia yang berkomitmen untuk mentransisikan ekonomi global ke nol emisi.

"20 miliar dollar AS dari pemerintah, mitra, dan beberapa lembaga keuangan terkemuka dunia akan mempercepat transisi energi ambisius yang memiliki dampak global," ucap Biden.

https://money.kompas.com/read/2022/11/16/060000826/joe-biden-ungkap-rencana-investasi-rp-12-4-triliun-untuk-transportasi-sadar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke