Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Maskapai Indonesia Masuk Daftar Terburuk, Sandiaga Uno: Jangan Ikut Menghujat

Ia menjelaskan, berdasarakan laporan yang diterima, tingkat kedatangan dan ketepatan waktu menjadi poin yang membut maskapai Indonesia masuk dalam daftar maskapai terburuk.

"Jangan ikut hujat maskapai kita, karena itu aset negara," kata dia dalam The Weekly Brief with Sandi Uno (WBSU) secara virtual, dikutip Rabu (16/11/2022).

Ia menambahkan, hal ini menjadi pekerjaan rumah bersama agar ada perbaikan ke depan.

Di sisi lain, Sandiaga menuturkan, Indonesia juga memiliki maskapai terbaik karena dinilai sangat on-time dan performa terbaik di dunia. Hal ini dapat menjadi motivasi dan perbaikan untuk maskapai-maskapai lainnya.

"Maskapai Indonesia pernah menjadi maskapai terbaik di dunia karena performa yang baik dan on-time. Maka bukan tidak mungkin bisa diperbaiki," kata dia.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu berharap maskapai Indonesia dapat lebih berjaya dan mampu memperbaiki kinerja untuk pelayanan. Seperti ketepatan waktu, koordinasi, dan serta SOP yang lebih jelas dan terarah.

"Terus perbaiki kinerja dan perbaikan dalam segi tingkat on-time performance agar mendapatkan yang terbaik," ucap dia.

Sebagai informasi, hasil survei platform perjalanan Bounce menyebutkan bahwa maskapai Lion Air dan Wings Air masuk dalam 10 maskapai terburuk di dunia.

Seperti telah diberitakan, Lion Air berada di peringkat pertama sebagai maskapai internasional terburuk dengan skor 0,72.

Sementara Wings Air dengan skor 1,11. Penilaian Lion Air berdasarkan pada tingkat kedatangan tepat waktu hanya 42,27 persen dengan persentase pembatalan penerbangan 34,43 persen. Sedangkan, penilaian makanan dan hiburan hanya 1/5 dan kenyamanan kursi dan layanan pelanggan dengan skor 2/5.

Sementara itu, penilaian Wings Air berdasarkan kedatangan dan pembatalan serta ketepatan waktu masing-masing 49,78 persen dan 20,63 persen. Kemudian, untuk penilaian staf dan kenyamanan kursi 2/5 dan 1/5 untuk makanan dan hiburan.

https://money.kompas.com/read/2022/11/16/174312726/maskapai-indonesia-masuk-daftar-terburuk-sandiaga-uno-jangan-ikut-menghujat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke