Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tren Penjualan Meningkat, Generasi Milenial Paling Sering Beli Makanan Pedas Kekinian

JAKARTA, KOMPAS.com - Tokopedia memotret tren penjualan makanan pedas selama 2022.

Head of External Communications Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya mengatakan, kerupuk bawang pedas, bakso digoreng (basreng) dan keripik usus pedas menjadi produk makanan pedas kekinian yang paling laris sepanjang 2022.

“Makanan dengan cita rasa pedas banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Hal ini mendorong banyak pegiat usaha lokal, khususnya UMKM, menawarkan berbagai jenis makanan pedas, misalnya melalui salah satu kampanye di platform kami, Tokopedia NYAM!,” ujar Ekhel dalam siaran persnya, Minggu (15/1/2023).

Lebih lanjut Ekhel mengatakan, makanan pedas kekinian lain, seperti seblak, mengalami peningkatan jumlah transaksi di Tokopedia hampir 1,5 kali lipat di tahun 2022 dibandingkan tahun sebelumnya.

“Selain itu, penjualan ayam geprek melonjak lebih dari 1,5 kali lipat, sedangkan transaksi oseng mercon naik hampir 2 kali lipat lewat Tokopedia,” kata Ekhel.

Selain itu dari berbagai jenis sambal yang ada, sambal bawang, sambal cumi dan sambal terasi merupakan jenis sambal yang paling banyak diburu masyarakat lewat Tokopedia selama 2022.

Untuk daerah yang paling banyak beli dan jualan makanan pedas, Ekhel mengatakan, Jabodetabek, Bandung, Medan dan Surabaya.

"Kota-kota ini merupakan beberapa daerah yang paling sering membeli makanan pedas sekaligus memiliki jumlah penjual makanan pedas tertinggi di Tokopedia sepanjang 2022 lalu,” kata Ekhel.

Ekhel menambahkan, jika dilihat berdasarkan karakteristik orang yang paling doyan makanan pedas, dimayoritasi oleh generasi milenial, yaitu masyarakat yang lahir pada tahun 1981-1996.

“Tokopedia mencatat generasi milenial, yaitu masyarakat yang lahir pada tahun 1981-1996, menjadi generasi yang paling sering membeli jajanan pedas terlaris di Tokopedia sepanjang 2022,” ucap Ekhel.

https://money.kompas.com/read/2023/01/15/171000626/tren-penjualan-meningkat-generasi-milenial-paling-sering-beli-makanan-pedas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke