Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Perkasa, Nilai Tukar Rupiah Menguat Jadi Rp 14.991 Per Dollar AS

Mengacu kepada data Bloomberg, nilai tukar rupiah terhadap dollar AS dibuka menguat pada level Rp 15.080 per dollar AS, dari posisi penutupan sebelumnya sebesar Rp 15.149 per dollar AS. Penguatan tersebut berlanjut, di mana pada pukul 10.00 WIB nilai tukar rupiah menguat 158 poin atau 1,04 persen ke Rp 14.991 per dollar AS.

Pergerakan rupiah yang melemah selaras dengan indeks dollar AS yang kian menyusut. Mengacu data Investing, greenbcak pagi hari ini berada pada kisaran 101,60.

Analis Sinarmas Futures Ariston Tjendra mengatakan, pelemahan mata uang Negeri Paman Sam selaras dengan ekspektasi pengetatan kebijakan moneter bank sentral AS The Federal Reserve (The Fed) yang akan melambat.

"Ini akibat data inflasi AS terbaru yang memperlihatkan penurunan," kata dia kepada Kompas.com, Senin.

Seiring dengan ekspektasi tersebut, sentimen risk on investor asing semakin kuat. Ini kemudian mendorong aliran modal asing masuk ke Indonesia.

Berdasarkan data Bank Indonesia (BI) pada periode 9-12 Januari 2023 terdapat aliran modal asing masuk sebesar Rp 9,95 triliun. Secara lebih rinci, investor mencatat beli neto Rp 12,36 triliun di pasar SBN dan jual neto sebesar Rp 2,42 triliun di pasar saham.

Selain itu, penguatan nilai tukar rupiah juga didorong oleh sentimen dalam negeri dari neraca dagang Indonesia. Pasar masih berekspektasi, neraca dagang RI kembali mencatatkan surplus, yang nantinya menjadi katalis bagi rupiah.

"Surplus perdagangan bisa menambah suplai dollar di Tanah Air, apalagi ditambah dengan revisi kebijakan devisa hasil ekspor," ucap Ariston.

https://money.kompas.com/read/2023/01/16/104628526/perkasa-nilai-tukar-rupiah-menguat-jadi-rp-14991-per-dollar-as

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke