Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jelang Ramadhan-Idul Fitri 2023, Pemerintah Beri Bansos Pangan Selama 3 Bulan

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, bansos ini diberikan untuk menekan inflasi pangan jelang Ramadhan dan Idul Fitri.

"Pemerintah kemarin telah memutuskan bahwa pemerintah akan memberikan bantuan beras selama 3 bulan. Demikian pula untuk bantuan telur dan ayam," ujar Airlangga saat menghadiri Kick Off GNPIP di Makassar secara virtual, Minggu (5/3/2023).

Dia menjelaskan, saat ini regulasinya sedang disusun oleh pemerintah termasuk penentuan kelompok masyarakat mana saja yang akan menerima bansos.

Rencananya, bansos pangan ini akan diberikan kepada penerima program keluarga harapan (PKH) dan bantuan pangan non tunai (BPNT).

"Bulan Maret ini akan ada survei terkait dengan kemiskinan sehingga tentu diharapkan kita bisa menahan inflasi agar kemiskinan tidak meningkat," jelasnya.

Tidak hanya itu, pemerintah juga akan terus memantau harga komoditas-komoditas pangan yang utama seperti beras, minyak goreng, cabai, bawang, daging, dan telur ayam ras.

"Untuk memasuki bulan Ramadhan dan Idul Fitri, peningkatan harga pangan dan tarif menjadi tantangan dan kami berharap langkah antisipatif bisa dilakukan," tuturnya.

https://money.kompas.com/read/2023/03/05/190000726/jelang-ramadhan-idul-fitri-2023-pemerintah-beri-bansos-pangan-selama-3-bulan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke