Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

IHSG Diproyeksi Melemah, Simak Rekomendasi Saham Hari Ini

Analis Binaartha Sekuritas Ivan Rosanova mengatakan, pelemahan IHSG hari ini dapat memicu penurunan lebih jauh menuju level 6.600 bahkan sampai dengan level 6.558.

“Tapi, IHSG juga akan mempertahankan peluang rebound jika penutupan harian masih di 6.617 atau lebih tinggi. Level support IHSG berada di 6.617, 6.600 dan 6.558, sementara level resistennya di 6828, 6890 dan 6968. Berdasarkan indikator MACD menandakan momentum bearish,” kata Ivan dalam analisisnya.

Senada dengan Ivan, Founder WH Project William Hartanto mengungkapkan, walaupun terlihat seperti tidak ada efek dari berita kebangkrutan Silicon Valley Bank, namun bukan berarti IHSG akan menguat.

Hal ini karena pergerakan IHSG secara teknikal, di mana resistance 6.800 tidak mampu ditembus pada perdagangan 2 hari yang lalu. Ini sudah menjadi semacam “kode” dari pasar bahwa IHSG masih akan melemah.

Di sisi lain, kepanikan pelaku pasar domestik mengenai crash 2008 yang bisa terulang lagi. Kekhawatiran ini terlihat pada peningkatan nilai transaksi yang terjadi pada sesi II perdagangan kemarin.

“Hari ini kami memproyeksikan IHSG berpotensi bergerak mixed cenderung melemah dalam range 6.594 – 6.741. Ada peluang rebound, namun belum membentuk reversal yang artinya tidak mengakhiri downtrend yang sedang dialami IHSG saat ini,” kata William.

Berbeda dengan CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya yang mengatakan, fluktuasi harga komoditas menjadi salah satu faktor yang memberikan pengaruh terhadap pola gerak emiten dalam IHSG sehingga hal ini juga turut memberikan sentimen terhadap emiten-emiten yang berkaitan dengan harga komoditas.

“Namun kestabilan perekonomian yang terlihat dari data terlansir dapat memberikan sentimen yang dapat menopang pola gerak IHSG, sedangkan jelang rilis data perekonomian neraca perdagangan pada hari ini disinyalir masih berada dalam kondisi stabil, hal ini tentunya akan turut memberikan sentimen bagi pergerakan IHSG, hari ini IHSG berpotensi menguat,” kata William.

Yugen Bertumbuh Sekuritas memperkirakan IHSG hari ini akan bergerak pada kisaran 6.636 sampai dengan 6.789.

Adapun rekomendasi teknikal dari dua perusahaan sekuritas, antara lain:

1. WH Project

  • IMAS rekomendasi buy, support 995, resistance 1120
  • NICL rekomendasi buy, support 290, resistance 320 - 340
  • AKRA rekomendasi buy, support 1.355, resistance 1.470

2. Binaartha Sekuritas

Disclaimer: Artikel ini bukan untuk mengajak membeli atau menjual saham. Segala rekomendasi dan analisa saham berasal dari analis dari sekuritas yang bersangkutan, dan Kompas.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan atau kerugian yang timbul. Keputusan investasi ada di tangan Investor. Pelajari dengan teliti sebelum membeli/menjual saham.

https://money.kompas.com/read/2023/03/15/075349226/ihsg-diproyeksi-melemah-simak-rekomendasi-saham-hari-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke