Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Intip Gaji Benaia, Pemuda Kendari yang Lolos Jadi Tentara AS

KOMPAS.com - Seorang pemuda kelahiran Kendari, Sulawesi Tenggara, bernama Benaia Manasye Lintjewas (21) menjadi perbincangan di media sosial.

Ia baru saja lulus seleksi menjadi tentara Amerika Serikat (AS) dengan nilai tertinggi di angkatannya. Berbeda dengan fenomena di Indonesia, pendaftaran tentara di negara Paman Sam tidak terlalu diminati warga negaranya.

Pihak keluarga menyebutkan, sebelum menjadi anggota tentara Amerika Serikat, status Benaia masih warga negara Indonesia (WNI). Namun, setelah lulus seleksi tersebut, Benaia dipastikan akan beralih kewarganegaraan AS.

Setelah lulus, Benaia tentunya harus menjalani pelatihan dan pendidikan di kamp militer AS. Setelah itu, ia pun harus siap ditempatkan di mana saja, termasuk andaikata diterjunkan ke zona medan perang.

Gaji Benaia sebagai tentara AS

Sebagai negara maju sekaligus memiliki angkatan bersenjata terkuat di dunia, personil militer Amerika Serikat tentunya memiliki kesejahteraan yang relatif tinggi dibandingkan negara-negara lain.

Tingkat kesejahteraan tentara AS berlaku sama untuk semua matra antara lain Angkatan Laut (US Navy), Angkatan Darat (US Army), Angkatan Udara (USAF), Angkatan Antariksa (US Space Force), Penjaga Pantai (USCG), dan Marinir (US Marine).

Yang menarik di AS, kendati diiming-imingi gaji dan tunjangan besar, nyatanya peminat masuk ketentaraan di AS sangat minim. Tak banyak warganya yang mendambakan profesi ini.

Dikutip dari laman resmi Military USA.gov, gaji tentara AS dihitung berdasarkan formula kombinasi antara pangkat dan masa pengabdian.

Kepangkatan di AS sendiri terbagi menjadi 3 golongan, yakni golongan E atau Enlisted (Tamtama dan Bintara), W atau Warrant (Pembantu Perwira), O atau Officers (Perwira).

Sejauh ini, belum ada informasi resmi soal jenjang kepangkatan apa yang diperoleh WNI bernama Benaia Manasye Lintjewas di tentara AS, begitupun informasi terkait kesatuan maupun matranya.

Namun apabila merujuk pada ban pangkat pada lengan kanan seragam yang dipakai Benaia saat upacara kelulusan, maka pemuda tersebut berada di pangkat E-3 (Private First Class) dengan gaji 2.103 dollar AS atau jika dirupiahkan sekitar Rp 31,89 juta per bulannya (kurs Rp 15.160). 

Di Indonesia, pangkat Privat setara dengan Tamtama TNI di Indonesia. Gaji tentara Amerika Serikat terendah adalah adalah E-1 atau pangkat Privat, terpaut dua tingkat di bawah pangkat Benaia. Pangkat Privat sendiri setara dengan Prajurit Dua (Prada) pada jenjang kepangkatan TNI di Indonesia.

Disebutkan, gaji per bulan yang diterima tentara AS dengan pangkat Private atau E-1 dengan masa kerja kurang dari empat bulan adalah sebesar 1.640 dollar AS atau sekitar Rp 24,87 juta.

Apabila tentara AS dengan pangkat Private sudah bekerja selama lebih dari dua bulan namun masih di bawah 2 tahun, gaji per bulannya akan naik menjadi 1.785 dollar AS atau sekitar Rp 27,07 juta.

Gaji tersebut akan terus meningkat seiring dengan lamanya masa pengabdian. Untuk gaji tentara AS paling tinggi, tentunya dipegang oleh jenderal.

Jenderal berada di jenjang karier teratas yakni berada di level Officers 10 (O-10). Sebagai contoh, gaji yang diterima seorang jenderal dengan pengabdian selama 40 tahun di militer Amerika Serikat yakni sebesar 16.608 dollar AS atau setara dengan Rp 251,87 juta.

Namun yang perlu diperhatikan, biaya hidup di AS juga terbilang mahal apabila dibandingkan negara-negara berkembang. Sebagai gambaran saja, pendapatan per kapita AS adalah 70.248 dollar AS atau setara Rp 1,06 miliar. 

Rincian gaji tentara AS

Sebagai perbandingan, berikut ini daftar gaji tentara AS berdasarkan pangkatnya dengan catatan masa kerja sama-sama kurang dari dua tahun:

Enlisted (E)

  • E-1 (Private): 1.650 dollar AS
  • E-2 (Private 2): 2.000 dollar AS
  • E-3 (Private First Class): 2.103 dollar AS
  • E-4 (Specialist/Corporal): 2.330 dollar AS
  • E-5 (Sergeant): 2.541 dollar AS
  • E-6 (Staff Sergeant): 2.774 dollar AS
  • E-7 (Sergeant First Class): 3.207 dollar AS

Warrant Officers (W)

  • W-1 (Warrant Officer): 3.309 dollar AS
  • W-2 (Chief Warrant Officer 2): 3.770 dollar AS
  • W-3 (Chief Warrant Officer 3): 4.261 dollar AS
  • W-4 (Chief Warrant Officer 4): 4.665 dollar AS

Officers (O)

Penting diketahui, selain gaji bulanan, tentara AS juga menerima tunjangan pensiun yang nilainya cukup besar.

Tentara AS juga menerima berbagai benefit seperti kredit perumahan, asuransi kesehatan, asuransi jiwa, pendidikan, dan pelatihan.

Kecuali kepangkatan officer, personil militer Amerika Serikat sedikit berbeda dengan negara lain, seperti di Indonesia.

Di mana tentara AS kerapkali bisa mengakhiri dinas militernya secara singkat atau hanya beberapa tahun saja, dan beralih profesi lain.

Pemerintah AS sendiri sangat memfasilitasi hal tersebut dengan memberikan opsi pelatihan kerja bagi para anggota militernya. Hal ini dilakukan untuk menarik lebih banyak warganya untuk mendaftar menjadi tentara.

https://money.kompas.com/read/2023/03/25/204846626/intip-gaji-benaia-pemuda-kendari-yang-lolos-jadi-tentara-as

Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke