Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Penumpang KRL Tinggi di Libur Lebaran, KCI Tambah CCTV buat Antisipasi Pelecehan Seksual

VP Corporate Secretary KCI Anne Purba mengatakan, penambahan CCTV itu bertujuan pula untuk mengantisipasi tindakan kejahatan lainnya, seperti pencopetan.

"Kami sudah menambah fasilitas CCTV analitic di beberapa stasiun yang padat untuk memudahkan mengantisipasi tadi, khususnya pelecehan seksual, pencopet dan hal lain yang dapat mengganggu kenyamanan pengguna," ujarnya dalam konferensi pers di Stasiun Jakarta Kota, Jakarta, Selasa (25/4/2023).

Tak hanya itu, KCI juga mengerahkan petugas-petugasnya untuk mengantisipasi potensi terjadinya pelecehan seksual.

Pihaknya bahkan melibatkan TNI dan Polri untuk mengawasi pergerakan penumpang di masa libur Lebaran. Hal ini mengingat jumlah penumpang cenderung meningkat sejak hari Lebaran.

"Di beberapa stasiun padat penumpang itu ada petugas-petugas dari TNI dan Polri yang kami siapkan, dan juga ada petugas-petugas kami," kata Anne.

Menurutnya, pada periode libur Lebaran kali ini aman terkendali, tak ada laporan mengenai kejadian pelecehan seksual di stasiun maupun gerbong KRL. Kondisi ini dinilai tak lepas dari upaya KCI menggandeng TNI dan Polri.

Adapun menurut Anne, pengguna KRL pada periode libur Lebaran, khususnya di tiga hari terakhir, mayoritas anak-anak bersama orang tuanya. Oleh sebab itu, KCI juga melakukan edukasi kepada para orang tua untuk melakukan pengawasan kepada anaknya.

"Pengguna kami mayoritas anak-anak yang tiga hari terakhir, sehingga kami mengedukasi agar orang tua juga melakukan pengawasan ketat kepada anak-anaknya," ucap dia.


KCI sendiri mencatat jumlah penumpang KRL selama periode libur Lebaran, atau sepanjang 19-24 April 2023 mencapai lebih dari 3 juta orang.

Jumlah itu naik sekitar 17-20 persen dibandingkan periode libur Lebaran tahun sebelumnya.

Salah satu stasiun terpadat saat libur Lebaran 2023 adalah Stasiun Jakarta Kota. Sejak hari H Lebaran, pergerakan penumpang di Stasiun Jakarta Kota rata-rata lebih dari 100.000 orang.

Tingginya jumlah penumpang di Stasiun Jakarta Kota tak lepas dari daerah di sekitar stasiun yang terhubung dengan taman yang bisa dikunjungi masyarakat saat libur Lebaran.

https://money.kompas.com/read/2023/04/26/060000526/penumpang-krl-tinggi-di-libur-lebaran-kci-tambah-cctv-buat-antisipasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke