Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Elpiji 3 Kg Dikeluhkan Langka di Pandeglang, Pertamina: Sekarang Stok Aman

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) memastikan stok elpiji 3 kilogram (kg) di wilayah Pandeglang, Banten saat ini dalam kondisi aman. Hal itu menyusul adanya keluhan bahwa di Pandeglang terjadi kelangkaan elpiji 3 kg.

Manager Communication Pertamina Parta Niaga Wilayah Jawa Bagian Barat Eko Kristiawan mengatakan, pada saat jelang Lebaran kemarin memang suplai elpiji 3 kg ke Pandeglang sempat terganggu karena terdampak arus mudik.

Namun, ia memastikan, saat ini suplai elpiji 3 kg di Pandeglang sudah kembali lancar dan stok-nya pun aman untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

"Kalau H-2 dan H-1 Lebaran memang sempat ada keterlambatan suplai karena padatnya lalu lintas sebagai dampak arus mudik," ujarnya kepada Kompas.com, Jumat (5/5/2023).

"Tapi setelah itu sampai sekarang sudah lancar. Pasokan serta stok aman, dan mencukupi kebutuhan masyarakat," imbuh dia.

Terkait keluhan harga elpiji 3 kg yang mahal, Eko bilang, masyarakat bisa membeli gas melon tersebut ke pangkalan resmi Pertamina karena harganya dipastikan sesuai ketentuan harga eceran tertinggi (HET).

"Masyarakat untuk mendapatkan elpiji bisa langsung ke pangkalan resmi dan harganya pasti sesuai dengan HET," kata dia.

Sementara itu, warga Pandeglang mengaku terjadi kelangkaan elpiji 3 kg di daerah rumahnya sejak Lebaran. Namun, saat ini stoknya sudah mulai membaik, tak selangka pada saat Lebaran kemarin.

Hal itu diungkapkan oleh Mia, warga Kecamatan Menes, Kabupaten Pandeglang. Ia bilang, saat ini harga elpiji 3 kg pun bervariasi berkisar Rp 25.000-Rp 28.000 per tabung.

"Sekarang juga masih langka, tapi sudah tidak selangka pas Lebaran. Harganya juga masih macam-macam, di dekat rumah ada yang Rp 25.000, yang enggak terlalu jauh dari rumah ada yang Rp 28.000, kadang ada Rp 27.000," ungkap Mia kepada Kompas.com.

Di sisi lain, Novi, warga Desa Sukasari Kecamatan Kaduhejo, Kabupaten Pandeglang, mengaku di daerahnya saat ini tak mengalami kelangkaan elpiji 3 kg.

Harga beli elpiji 3 kg di daerah rumahnya pun bervariasi berkisar Rp 20.000-Rp 26.000 per tabung.

"Untuk daerah rumah saya enggak ada kelangkaan. Saat ini kalau di rumah saya Rp 20.000, paling mahalnya Rp 26.000," kata dia.

https://money.kompas.com/read/2023/05/05/161000326/elpiji-3-kg-dikeluhkan-langka-di-pandeglang-pertamina--sekarang-stok-aman

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke