Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ada Dugaan Laporan Keuangan Waskita dan WIKA "Polesan", Erick Thohir: Pasti Kita Hukum Keras

Menurutnya, tindakan tegas tersebut seperti yang sudah pernah dilakukan pada perusahaan-perusahaan pelat merah lainnya. Salah satunya, seperti pada kasus PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk.

"Ketika ada manipulasi laporan keuangan, Garuda pun kita tindak secara pidana. Sama juga, kalau ada laporan keuangan yang dipalsu-palsu, tidak hanya di Waskita dan WIKA, sudah pasti kita akan lakukan tindakan hukum keras,” ujar Erick saat ditemui di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis (15/6/2023).

Ia menegaskan, dirinya tidak akan pandang bulu bagi siapa pun yang terbukti melakukan pelanggaran dan merusak kepercayaan publik terhadap BUMN. Terutama dalam hal "pemolesan" laporan keuangan.

"Kita tidak boleh memandang bulu kalau masalah hukum-hukum yang tentu membuat kepercayaan publik jatuh, apalagi kalau melanggar," kata dia.

Sebelumnya, dalam rapat kerja dengan Komisi VI DPR RI pada Senin (5/6/2023), Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mencurigai laporan keuangan dua BUMN Karya yakni WIKA dan PT Waskita Karya (Persero) Tbk tidak sesuai dengan kondisi riil.

"Seperti Waskita, seperti WIKA ini memang pelaporan keuangannya tidak sesuai dengan kondisi riilnya, artinya dilaporkan seolah-olah untung bertahun-tahun padahal cashflow-nya tidak pernah positif sebenarnya," ungkap pria yang akrab disapa Tiko itu.

Ia mengatakan, Kementerian BUMN sedang melakukan investigasi bersama Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) terkait laporan keuangan yang tidak sesuai kondisi nyata tersebut.

Tiko bilang, pihaknya bisa melakukan penuntutan apabila terjadi pemalsuan laporan keuangan. Tindakan tegas ini diperlukan untuk memberi efek jera agar perusahaan tak lagi memalsukan laporan keuangan.

"Kami mulai lakukan ini, saya sudah lapor ke BPKP, apabila ada fraud dari sisi pelaporan keuangan kita bisa lakukan tindakan tegas dengan kerangka governance yang ada," katanya.

https://money.kompas.com/read/2023/06/15/201000626/ada-dugaan-laporan-keuangan-waskita-dan-wika-polesan-erick-thohir--pasti-kita

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke