Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Mengetahui Nomor Kartu ATM BCA, Bisa Online Kalau Hilang

Letak nomor rekening di kartu ATM BCA ada di bagian depan. Yang harus Anda pahami, nomor kartu ATM BCA ini bersifat sangat rahasia, sehingga tak boleh diberitahukan ke orang lain.

Ini karena nomor kartu ATM BCA juga berfungsi sebagai pengaman bagi nasabah agar terhindar dari berbagai bentuk kejahatan perbankan.

Bagi sebagian orang, mungkin ada yang belum mengetahui cara melihat nomor kartu ATM BCA. Selain itu, nasabah yang masih awam kerap kali menyamakan nomor kartu Bank BCA dengan nomor rekening, padahal keduanya berbeda.

Cara melihat nomor kartu ATM BCA

Untuk cara cek nomor kartu ATM BCA, nasabah hanya perlu melihatnya di bagian depan kartu debit. Di mana nomor kartu Bank BCA terdiri dari digit angka yang dicetak cukup besar.

Di beberapa kartu, nomor kartu ATM BCA kerapkali dicetak timbul, sehingga nomor 16 digit ini masih tetap bisa terbaca dengan mudah meski warnanya sudah luntur.

Letak nomor kartu ATM BCA berada tepat di bawah posisi chip kartu. Posisi letak nomor kartu debit ini sebenarnya merupakan standar umum, sehingga hal ini juga berlaku pada kartu ATM pada bank lainnya.

Secara umum bagian depan kartu, selain nomor kartu Bank BCA, juga terdapat keterangan lainnya. Berikut beberapa informasi yang terdapat di bagian depan kartu:

Nomor kartu Bank BCA berbeda dengan kode CVV

Karena sama-sama merupakan deretan angka, banyak nasabah kerap kali tidak bisa membedakan antara nomor kartu ATM BCA dengan kode CVV.

Asal tahu saja, apabila nomor kartu ATM BCA ada di bagian depan, maka kode CVV berada di sisi belakang kartu.

Untuk informasi saja, kode CVV merupakan 3 digit angka paling belakang yang tercetak di belakang kartu dan bersifat rahasia.

CVV merupakan kependekan dari Card Verification Value. Istilah lain dari CVV adalah CVC atau Card Verification Code.

CVV dan CVC sebenarnya sama saja, ini karena perbedaan keduanya adalah hanya pada perusahaan jaringan pembayaran yang jadi penerbitnya atau biasa disebut prinsipal.

Untuk kartu debit yang menggunakan logo VISA memakai istilah CVV, sementara kartu kredit dan debit berlogo Mastercard menggunakan istilah CVC.

Jangan pernah sekali-kali memberikan nomor CVV atau CVC pada kartu debit maupun kredit kepada pihak lain, hal ini demi menghindari penyalahgunaan nomor CVV atau CVC demi menjaga keamanan rekening.

Saat ini, kejahatan berupa penipuan maupun pembobolan rekening perbankan semakin canggih. Sehingga bank menggunakan berbagai lapis keamanan untuk melindungi nasabahnya, salah satunya dengan penggunaan kode CVV ini.

Cara melihat nomor kartu ATM BCA via online

Apabila kartu ATM nasabah hilang, bagaimana cara mengeceknya. Prosedurnya cukup mudah. Cara mengetahui nomor kartu ATM BCA bisa dilakukan dengan mobile banking.

Berikut cara cek nomor kartu ATM BCA di mobile banking:

  • Buka BCA mobile
  • Pilih menu 'Akun Saya'
  • Pilih 'Lihat Detail Kartu'
  • Input PIN BCA mobile
  • Detail kartu akan terlihat

Benarkah letak nomor rekening di kartu ATM BCA?

Banyak nasabah pemula dan awam kerap mengira kalau letak nomor rekening di kartu ATM BCA. Padahal, nomor yang ada di kartu ATM bukanlah nomor rekening.

Nomor kartu ATM BCA tidaklah sama dengan nomor rekening. Nomor rekening nasabah bisa dilihat pada buku tabungan, atau juga bisa dicek secara online melalui mobile banking.

Jumlah nomor kartu ATM BCA juga berbeda dengan nomor rekening. Nomor kartu Bank BCA berjumlah 16 digit, sementara nomor rekening BCA terdiri dari 10 digit angka.

https://money.kompas.com/read/2023/06/22/124609526/cara-mengetahui-nomor-kartu-atm-bca-bisa-online-kalau-hilang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke