Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Riset Snapcart: "E-commerce" Tingkatkan Daya Tarik dengan Program Afiliasi

Astrid mengatakan, para pemain e-commerce di Indonesia terus berinovasi untuk meningkatkan nilai dan daya tarik, salah satunya melalui program afiliasi.

Program afiliasi adalah pemasaran berbasis komisi yang secara tidak langsung menghubungkan calon pembeli dengan produk melalui link refferal khusus, merupakan program yang digadang-gadang memegang peran penting dalam peta persaingan e-commerce di Indonesia.

“Kehadiran program afiliasi dapat dikatakan sebagai salah satu strategi ampuh para pemain e-commerce, karena secara tidak langsung membantu trafik kunjungan ke platform e-commerce itu sendiri. Maka dari itu, gencarnya pertarungan para pemain e-commerce membawa popularitas program afiliasi semakin naik daun belakangan ini," kata Astrid dalam keterangan tertulis, Kamis (13/7/2023).

Astrid mengatakan, program afiliasi dari e-commerce itu tidak hanya membantu para pelaku bisnis meningkatkan penjualan dan jangkauan pasar yang lebih luas, tapi juga turut melahirkan tren dan profesi - profesi baru yang memonetisasi digital.

"Program afiliasi kini dimanfaatkan sebagai medium untuk menghasilkan pendapatan tambahan yang minim risiko, ditambah faktor fleksibilitas waktu dan dapat bekerja dimana saja," ujarnya.

Snapcart kali ini mengadakan penelitian dengan tema "Potensi Program Afiliasi dalam Peta Persaingan E-commerce” dengan metode online.

Riset tersebut melibatkan 500 responden yang sudah berpartisipasi dan pernah merasakan komisi dari program afiliasi di e-commerce dengan rentang usia 19-35 tahun ke atas dan tersebar di berbagai area di Indonesia.

Lantas, siapa pemain e-commerce dengan program afiliasi terfavorit?

E-commerce dengan Program Afiliasi Terfavorit 

Berdasarkan hasil survei, kondisi peta persaingan program afiliasi saat ini dapat terlihat melalui jawaban responden bahwa Shopee Affiliate Program memimpin pasar.

Tercatat sebanyak 59 persen dari pesanan yang datang berasal dari link Shopee Affiliate Program sehingga dapat dikatakan sebagai program afiliasi dengan pangsa pasar jumlah nilai transaksi tertinggi (Share of Orders) dibandingkan para pesaingnya.

Angka tersebut jauh melampaui para pesaing lainnya dengan Tiktok Affiliate Program (27 persen), dilanjutkan Tokopedia Affiliate Program (11 persen), dan Lazada Affiliate Program (2 persen).


Persebaran Preferensi Masyarakat saat Memilih Program Afiliasi

Preferensi konsumen dalam memilih program afiliasi biasanya berdasarkan penawaran yang diberikan pemain e-commerce.

Selain tiga indikator utama, di mana komisi yang mengambil peranan paling penting, faktor-faktor pendukung lainnya juga menjadi dasar pertimbangan dan daya tarik bagi para pengikut dari afiliator-afiliator tersebut.

“Program afiliasi ini membuka kesempatan bagi setiap individu menjadi konten kreator/afiliator. Membebaskan diri dalam berkreasi, dan merekomendasikan produk apapun yang mereka suka kepada para pengikut atau followersnya. Metode periklanan ini adalah skema yang tepat untuk membangun awareness dan kepercayaan secara langsung. Maka dari itu, para pemain e-commerce sebagai perantara dalam tren afiliasi ini pun, harus turut mengambil peran melalui kelengkapan produk hingga penawaran paling menarik," ujar Astrid.

Fashion dan Beauty jadi produk paling Populer

Produk fashion dan beauty menjadi salah satu kategori populer yang digandrungi oleh para afiliasi belakangan ini.

Sejalan dengan data, kategori produk yang paling dipromosikan oleh para afiliator adalah Fashion & Aksesoris Fashion (46 persen), dilanjutkan dengan Kecantikan & Perawatan Diri (38 persen), Gaya Hidup (34 persen), produk sehari-hari atau FMCG (32 persen), perlengkapan rumah (30 persen), dan elektronik (25 persen), serta ibu dan anak/kebutuhan bayi (17 persen).

Dari sisi Fashion, sebanyak 53 persen dari pesanan yang datang berasal dari link Shopee Affiliate Program sehingga dapat dikatakan sebagai program afiliasi dengan pangsa pasar jumlah nilai transaksi tertinggi untuk produk fashion (Share of Orders).

Angka tersebut jauh dari Tiktok Affiliate Program (24 persen), dan Tokopedia Affiliate Program (7 persen). Bahkan hal ini juga didukung dengan hasil survei bahwa 72 persen responden memilih Shopee Affiliate Program, sebagai program afiliasi yang paling sering digunakan untuk mempromosikan kategori produk Fashion, mengungguli pemain lainnya dengan persentase jauh dibawah Tiktok Affiliate Program (19 persen), dan Tokopedia Affiliate Program (8 persen), serta Lazada Affiliate Program (2 persen).

https://money.kompas.com/read/2023/07/13/154736126/riset-snapcart-e-commerce-tingkatkan-daya-tarik-dengan-program-afiliasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke