Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Basuki: Jalan Tol Solo-Yogyakarta-NYIA Kulon Progo Sudah Ditunggu Masyarakat

"Karena tol ini memang sudah sangat ditunggu," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam pernyataan tertulis, Sabtu (22/7/2023).

Saat ini, proyek tersebut sedang tahap penyelesaian Seksi 1 dari Kartosuro hingga Simpang Susun Purwomartani, Kabupaten Sleman.

Basuki mengatakan konstruksi Jalan Tol Solo-Yogyakarta-NYIA Kulonprogo Seksi 1 sepanjang 42,38 kilometer, dikerjakan oleh kontraktor PT Jogjasolo Marga Makmur dalam 2 paket, yakni ruas Kartasura-Klaten 22,30 km dan ruas Klaten-Purwomartani sepanjang 20,08 km.

Saat ini pengadaan lahan ruas Kartosuro-Klaten sudah 95,26 persen dengan progres konstruksi 53,3 persen. Sementara untuk ruas Klaten-Purwomartani progres lahan mencapai 79,96 persen dengan pekerjaan fisik 2,6 persen.

"Tol ini sangat ditunggu masyarakat karena lebih dari 25.000 kendaraan lewat Solo-Yogya setiap harinya, sehingga sudah crowded. Bahkan di periode tertentu sangat macet. Segera kita selesaikan supaya lalu lintasnya lebih lancar lagi," ucapnya.

Selain itu, kehadiran Jalan Tol Solo-Yogyakarta-NYIA Kulonprogo juga menjadi akses pendukung menuju destinasi pariwisata nasional seperti Candi Prambanan.

Tak hanya itu, jalan tol ini juga memangkas waktu tempuh perjalanan masyarakat yang akan menuju ke Bandara Internasional Yogyakarta di Kulonprogo.

https://money.kompas.com/read/2023/07/22/191131226/basuki-jalan-tol-solo-yogyakarta-nyia-kulon-progo-sudah-ditunggu-masyarakat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke