Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Laba Bersih Emiten Komponen Otomotif DRMA Naik 144 Persen Semester I-2023

Lonjakan perolehan laba bersih ini didukung oleh penjualan perseroan yang meningkat 72 persen YoY menjadi Rp 2,74 triliun dari Rp 1,59 triliun, seiring dengan prospek pasar kendaraan roda empat yang semakin membesar serta didukung oleh potensi perkembangan industri kendaraan listrik di Tanah Air.

“Kinerja Semester I-2023 yang sangat menggembirakan ini kita harapkan akan bisa terus berkesinambungan seiring dengan semakin berkembangnya pasar industri otomotif di Indonesia,” ujar President Director of Dharma Polimetal, Irianto Santoso dalam siaran pers, Kamis (27/7/2023).

Adapun penjualan perseroan didominasi oleh segmen kendaraan roda dua sebesar 54 persen, sedangkan untuk segmen kendaraan roda empat berkontribusi sebesar 30 persen. Memperhatikan situasi pasar saat ini yang menunjukkan pertumbuhan yang pesat untuk kendaraan roda empat, itu juga tercermin dari total penjualan segmen roda empat DRMA bertumbuh sebesar 78 persen YoY di Semester I-2023.

Irianto mengatakan, pihaknya melihat adanya potensi besar pertumbuhan pasar kendaraan roda empat, yang diharapkan akan berpengaruh langsung terhadap peningkatan permintaan komponen otomotif yang diproduksi DRMA.

“Selain dari kondisi pasar yang mendukung, ekosistem kendaraan listrik yang semakin berkembang, serta inovasi produk, juga mendorong segmen roda empat untuk bertumbuh kedepannya,” jelasnya.

Adapun total aset DRMA pada 30 Juni 2023 tercatat sebesar Rp 3,39 triliun, meningkat dari Rp 2,68 triliun pada 31 Desember 2022. DRMA juga telah mendapatkan kepercayaan dari salah satu merek besar di industri mobil di Indonesia untuk mengembangkan komponen paket baterai yang penting untuk kendaraan listrik (EV).

Rencananya, DRMA akan memasang Electro Dipping Line baru pada akhir tahun ini, yang sangat penting untuk produksi casing kemasan baterai. DRMA juga berencana memproduksi komponen secara lokal, untuk mengurangi ketergantungan pada impor.

https://money.kompas.com/read/2023/07/27/210000126/laba-bersih-emiten-komponen-otomotif-drma-naik-144-persen-semester-i-2023-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke