Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

PLN Akan Kembangkan Reaktor Modular Nuklir di Kalbar

Studi pengembangan reaktor modular nuklir skala kecil akan dilakukan di Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat (Kalbar) pada 2030.

Studi ini dilakukan PLN bersama dengan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), United States Trade and Development Agency (USTDA), dan perusahaan energi asal Amerika Serikat (AS) NuScale Power.

Reaktor modular kecil merupakan reaktor nuklir canggih yang memiliki kapasitas daya hingga 300 mega watt (MW). Reaktor bagian dari desain generasi baru pembangkit listrik tenaga nuklir ini sudah dikembangkan di beberapa negara. 

Direktur Pengembangan Bisnis dan Niaga PLN IP Bernadus Sudarmanta mengatakan, studi reaktor modular nuklir skala kecil tersebut merupakan bagian dari upaya perusahaan melakukan transisi ke energi terbarukan.

"Untuk mencapai target net zero emission pada tahun 2060 dibutuhkan persiapan yang matang, serta kerja sama dengan berbagai pihak agar transisi energi berjalan dengan baik," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (16/8/2023).

Bernadus bilang, persiapan yang matang diperlukan dalam menggarap proyek energi hijau guna memastikan sesuai dengan peraturan dan perizinan yang berlaku. Persiapan ini tentunya memerlukan keterlibatan berbagai pihak, mulai dari pemerintah hingga pelaku industri lainnya.

"Tantangannya tidak mudah sehingga dibutuhkan kerja sama berbagai pihak agar transisi ini berjalan baik serta memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat," kata dia.

Menurut Bernadus, bersinergi dengan mitra strategis untuk membantu menciptakan energi masa depan yang berkelanjutan, memang menjadi pilihan yang ditempuh korporasi. Maka PLN IP dalam menggarap proyek-proyeknya pun dilakukan dengan menggandeng mitra-mitra strategis.

"PLN IP tengah gencar dalam melakukan upaya untuk mengakselerasi transisi energi, di mana proyek-proyek diluncurkan dengan mengajak mitra strategis yang mempunyai visi yang sama, serta berkomitmen pada keunggulan dan tujuan utama yaitu terwujudnya transisi energi di Tanah Air," paparnya.

https://money.kompas.com/read/2023/08/16/131628226/pln-akan-kembangkan-reaktor-modular-nuklir-di-kalbar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke