Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menhub Pastikan Kereta Cepat Beroperasi 1 Oktober, Izin Operasional Terbit Pekan Depan

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pihaknya akan menerbitkan izin operasional kereta cepat Jakarta-Bandung pada pekan depan.

Dia juga memastikan kereta cepat Jakarta-Bandung ditargetkan dapat beroperasi secara penuh pada 1 Oktober mendatang.

"Minggu depan (izin operasional keluar). (Operasional penuh) 1 Oktober," ujar Menhub saat ditemui di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu (20/9/2023).

Pada kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Risal Wasal memastikan izin operasional kereta cepat akan keluar sebelum kereta api ini diresmikan 1 Oktober nanti.

"Pokoknya sebelum tanggal 1 (Oktober) Insya Allah sudah keluar izin operasinya, baik sarana maupun prasarana," ucap Risal.

Dia menjelaskan, sejauh ini dalam proses pengujian untuk penerbitan izin operasi, kereta cepat tidak mengalami masalah yang berarti.

Namun pihaknya perlu memastikan kereta cepat memenuhi 4 aspek penilaian sebelum izin operasi diterbitkan.

Misalnya, operator harus dapat menjamin keselamatan penumpang saat operasional seperti memberikan asuransi perjalanan kepada penumpang.

"Masalahnya itu (memastikan kereta cepat benar-benar aman), tidak ada masalah lain," kata dia.

Adapun uji coba operasional terbatas ini dilakukan setelah izin dari Kementerian Perhubungan dikeluarkan pada 14 September lalu.

https://money.kompas.com/read/2023/09/20/183000226/menhub-pastikan-kereta-cepat-beroperasi-1-oktober-izin-operasional-terbit

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke