Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pengguna Tri di Lampung Didominasi Gen Z, Didorong Tren Live Streaming

LAMPUNG, KOMPAS.com - Kemajuan dunia informasi teknologi saat ini membuat banyak celah bagi masyarakat untuk mencari "cuan". Salah satunya adalah siaran langsung atau live streaming oleh akun-akun di media sosial (medsos).

Namun, masifnya para akun medsos memanfaatkan siaran langsung (live) untuk mencari cuan ini sedikit banyak berpengaruh pada penggunaan jaringan internet.

Dstrict Operation Tri Sumatera Yesias Petrus Boeboe membenarkan pertumbuhan pengguna internet melalui ponsel cukup signifikan saat ini. Bahkan, market share atau pangsa pasar Tri di Lampung mencapai 21 persen dan didominasi oleh Gen Z.

Yesias mengatakan memang terjadi perubahan perilaku oleh pelaku perekonomian saat ini yang memanfaatkan teknologi internet.

"Pertumbuhan di Lampung ini cukup tinggi, dan ini menjadi perhatian kita juga sebagai provider," kata Yesias dalam konferensi pers gelaran Generasi Happy di Bandar Lampung, Sabtu (23/9/2023).

Yesias mengatakan saat ini di Lampung telah disiapkan BTS sebanyak 321 unit untuk menjangkau seluruh wilayah.

Terkait pertumbuhan yang masif ini, Yesias mengakui ada beberapa potensi risiko, yakni melonjaknya pemakaian bandwidth yang mempengaruhi kualitas.

"Jika terjadi buffering, ada dua kemungkinan, pertama konsumen di sana sudah banyak. Artinya itu menjadi PR kami untuk menambah bandwidth," katanya.

Bahkan untuk wilayah di Bandar Lampung, semua kapasitas BTS sudah hampir penuh dengan banyaknya pertumbuhan pemakaian baru.

"Sudah full dan itu pasti. Bila sudah menyentuh di angka 70 persen (kapasitas) itu sudah jadi alarm bagi kami untuk menambah kapasitas," kata dia.


Sementara itu, terkait program Generasi Happy, SVP Head of Brand & Marketing Communications Tri Galuh Neftita mengatakan program ini membawa empat pilar utama, yaitu literasi digital, skill development, academy, dan entertainment.

"Kita ingin mengedukasi pentingnya literasi digital bagi Gen Z," kata Galuh.

Menurut Galuh, Gen Z merupakan generasi yang paling banyak menghabiskan waktu beraktivitas di dunia digital, atau rata-rata lebih dari 7 jam per hari.

"Banyaknya waktu yang dihabiskan Gen Z juga beragam, tak hanya bermain media sosial, berbelanja online, mereka juga turut serta dalam gerakan dan mengikuti isu-isu yang sedang tren dikalangan mereka secara online, termasuk terkait isu lingkungan," katanya.

https://money.kompas.com/read/2023/09/23/212100026/pengguna-tri-di-lampung-didominasi-gen-z-didorong-tren-live-streaming

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke