Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Luhut Ungkap Jokowi Sudah Capek Hadiri Forum Internasional yang Tak Ada Hasil Konkret

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) sudah lelah menghadiri pertemuan forum internasional yang tidak menghasilkan sesuatu.

Menurut dia, tiap forum internasional yang dihadiri Pemerintah Indonesia, justru banyak berbicara soal angka, namun tidak terealisasikan.

"Ini yang sebenarnya yang saya akan hadir, banyak sekali forum-forum internasional. Terlalu banyak bicara seperti saya singgung tadi, bicara angka diawang-awang gitu ya," kata Luhut dalam Forum Merdeka Barat (FMB), Senin (25/9/2023).

"Pak Presiden Jokowi juga sama, orangnya pragmatik saja. Pak Luhut, ini bicara sudah capek, saya sudah malas gitu-gituan. Saya ingin yang konkret itu apa Pak Luhut?" lanjut dia.

Padahal, negara berkembang seperti Indonesia menurut Luhut, lebih suka berbicara anggaran kecil, tapi langsung menyelesaikan masalah.

"Kalau forum internasional itu kan suka bicara triliun dollar AS, low hanging food. Kita enggak usah gitu-gitulah, yang kecil-kecil yang 10 juta, 20 juta dollar AS tapi konkret kepada masalah. Misal sampah laut, masalah coral reef, replanting mangrove," ungkapnya.

Pemerintah juga ingin langsung ada tindakan dan hasil saat menghadiri forum internasional. Sebagai contoh kunjungan Jokowi ke Benua Afrika beberapa waktu lalu, yang menghasilkan kerja sama impor daging, maupun proyek kilang minyak dengan PT Pertamia (Persero).

"Negara-negara berkembang ini kan butuh yang konkret. Misalnya Presiden putuskan kerja sama dengan Kenya untuk oil refinery. Kita kerja sama dengan Mozambik, kita kerja sama dengan South Africa, itu semua kerja sama konkret," sebut Luhut.

https://money.kompas.com/read/2023/09/25/194000226/luhut-ungkap-jokowi-sudah-capek-hadiri-forum-internasional-yang-tak-ada-hasil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke