Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Simak Fakta-fakta Terbaru Insiden KA Argo Semeru Anjlok di Kulon Progo

JAKARTA, KOMPAS.com - Video insiden kereta api (KA) Argo Semeru anjlok di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta sempat viral di media sosial.

Pasalnya, tidak hanya rangkaian kereta yang keluar dari jalur rel, KA Argo Semeru juga tertemper KA Argo Wilis yang bergerak dari arah sebaliknya tidak lama setelah insiden anjlok.

Diketahui insiden terjadi pada KA Argo Semeru relasi Surabaya Gubeng-Gambir dan KA Argo Wilis relasi Bandung-Surabaya Gubeng pada Selasa (17/10/2023) siang.

Peristiwa KA Argo Semeru anjlok terjadi pukul 13.15 dan KA Argo Wilis menemper kereta tersebut pada pukul 13.25.

Lokasi kejadiannya di KM 520 + 4 petak jalan antara Stasiun Sentolo-Stasiun Wates, Yogyakarta.

Berikut rangkuman fakta-fakta terbaru terkait insiden KA Argo Semeru anjlok:

1. Penumpang Dievakuasi

Vice President Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, para penumpang langsung dievakuasi menggunakan dua rangkaian kereta, yaitu KA Bandara YIA dan kereta luar biasa (KLB) dari Yogyakarta.

Penumpang KA 17 Argo Semeru dialihkan ke KA Sawunggalih menuju Stasiun Kroya atau Purwokerto, untuk selanjutnya melanjutkan dengan KA lain ke Jakarta.

Sementara penumpang KA 6 Argo Wilis dievakuasi menggunakan KA Bandara YIA menuju Stasiun Yogyakarta untuk dialihkan ke KA lain menuju Surabaya.

"Yang Argo Wilis ke Yogyakarta pakai KA Bandara ke arah timur. Yang KA Semeru ke Kutoarjo pakai KLB ke arah barat," ujar Joni kepada Kompas.com, Selasa (17/10/2023).

Berdasarkan Berdasarkan keterangan dari Polres Kulon Progo , jumlah penumpang KA Argo Semeru saat itu sebanyak 472 orang dan KA Argo Wilis sebanyak 288 orang.

Adapun proses evakuasi penumpang telah dilakukan sebelum pukul 16.00 WIB.

"Untuk para penumpang sudah dilakukan evakuasi dengan menggunakan kereta bandara ke Stasiun Wates sebanyak dua kali pada pukul 15.00 WIB dan 16.00 WIB," kata Kasi Humas Polres Kulon Progo, Iptu Triatmi Noviartuti (Novi), Selasa (17/10/2023).

Dia mengatakan ada penumpang yang melanjutkan perjalanan dengan bantuan KAI. Sementara sebagian melanjutkan perjalanan mandiri.

Ada juga penumpang yang tidak melanjutkan perjalanan dan memilih kembali ke Yogyakarta untuk sementara.

Selain dikirim ke Wates, penumpang KA Argo Wilis dievakuasi dengan bus, Hiace maupun kereta bandara menuju stasiun Yogyakarta untuk melanjutkan perjalanan ke Timur.

Pada Selasa malam, lokasi kecelakaan telah sepi dari keberadaan penumpang.

2. Tidak Ada Korban Jiwa, tapi Puluhan Penumpang Luka-luka

Joni menyebut, pihaknya tidak menemukan adanya korban jiwa akibat kecelakaan tersebut.

"Tidak ada korban jiwa," ujar Joni saat dikonfirmasi Kompas.com, Selasa (17/10/2023).

Namun hingga Rabu (18/10/2023) siang, KAI mencatat ada 32 korban luka ringan dan semua sudah diberikan layanan kesehatan, dimana 4 orang di antaranya sempat dirawat di rumah sakit terdekat.

3. Penumpang Diberikan Kompensasi

KAI akan memberikan kompensasi kepada para penumpang yang terdampak KA Argo Semeru anjlok pada Selasa (17/10/2023).

Joni mengungkapkan, kompensasi tersebut diberikan sesuai Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor PM 63 Tahun 2019 tentang Standar Pelayanan Minimum Angkutan Orang dengan Kereta Api.

"Dalam pemberian kompensasi kepada penumpang terdampak kecelakaan ini, KAI mematuhi Permenhub Nomor PM 63 Tahun 2019," ujarnya kepada Kompas.com, Selasa (17/10/2023).

Sementara untuk para penumpang yang terluka akibat peristiwa KA Argo Semeru anjlok, KAI dan PT Jasa Raharja akan menanggung semua biaya perawatan dan pengobatan mereka. Adapun dalam insiden ini tidak ada korban jiwa tapi ada penumpang luka-luka.

Kompensasi keterlambatan kereta api antarkota akan diberikan PT KAI kepada penumpang dengan ketentuan sebagai berikut:

1. Keterlambatan keberangkatan kereta api lebih dari 1 jam, penumpang dapat membatalkan tiket dan mendapatkan pengembalian seluruh biaya tiket. Jika tidak membatalkan tiket, maka:

  • Diberikan minuman ringan untuk keterlambatan lebih dari 1 jam.
  • Diberikan minuman dan makanan ringan berat untuk keterlambatan lebih dari 3 jam.

2. Apabila kereta api antarkota terlambat datang di stasiun tujuan, maka penumpang mendapatkan:

  • Makanan dan minuman ringan pada jam ketiga keterlambatan.
  • Makanan dan minuman berat pada jam kelima keterlambatan.
  • Penumpang dapat memilih melanjutkan perjalanan atau beralih ke transportasi lain dan mendapat penggantian uang tiket.

3. Bila terdapat hambatan dalam perjalanan, sehingga kereta tidak dapat melanjutkan ke stasiun tujuan, maka penyelenggara wajib:

"KAI memohon maaf yang sebesar-besarnya kepada para pelanggan atas ketidaknyamanan yang dirasakan. KAI berupaya sebaik mungkin untuk dapat memberikan service recovery sesuai ketentuan pada kesempatan pertama," tutur Joni.

4. Kedua Jalur Sempat Tidak Bisa Dilalui

EVP of Corporate Secretary KAI Raden Agus Dwinanto Budiadji mengungkapkan, akibat insiden KA Argo Semeru anjlok, dua jalur rel kereta api antara Stasiun Sentolo-Stasiun Wates tidak dapat dilalui untuk sementara waktu.

"Kedua jalur rel antara Wates-Sentolo untuk sementara tidak dapat dilalui akibat kecelakaan tersebut. KAI saat ini sedang berusaha melakukan upaya evakuasi kepada para penumpang di 2 KA yang menggalami musibah tersebut," ujar Raden, Selasa (17/10/2023).

Pasca kejadian anjloknya KA Argo Semeru, KAI segera berupaya melakukan proses evakuasi sarana dan perbaikan jalur rel dengan melibatkan puluhan petugasnya.

Dalam proses mengevakuasi rangkaian kereta api tersebut, KAI menggunakan 4 Crane, 1 Kereta Penolong, serta 1 MTT.

Upaya evakuasi dilakukan di antaranya dengan mengangkat kereta ke jalur KA menggunakan alat berat hingga memperbaiki jalur agar kereta dapat ditarik.

Per Rabu (18/10/2023) siang, jalur hulu antara Stasiun Sentolo-Stasiun Wates sudah steril dan dapat dilalui kereta api dengan kecepatan 40 kilometer per jam (km/jam).

KA pertama yang melewati yaitu KA Argo Lawu relasi Solo Balapan-Gambir pada pukul 11.35 WIB.

"Saat ini satu jalur rel sudah bisa dilalui dengan kecepatan terbatas. Sejumlah perbaikan jalur rel dengan memperkuat tubuh jalan rel terus dilaksanakan agar jalur ke dua dapat segera beroperasi kembali," kata Raden, Rabu siang.

Kemudian pada Rabu pukul 22.10 WIB, jalur hilir antara Stasiun Wates-Sentolo di Km. 519+500 sampai 521+000 dibuka.

Kereta api diizinkan berjalan namun dengan kecepatan maksimal 5 km/jam. Kemudian pukul 23.25 WIB pembatasan kecepatan ditingkatkan menjadi 10 km/jam.

Dengan demikian, kini kedua jalur yang terdampak KA Argo Semeru anjlok sudah dapat dilalui untuk perjalanan kereta api.

"Jadi mulai pukul 22.10 WIB Rabu 18 Oktober 2023 kedua jalur KA sudah bisa dilewati untuk operasi KA, masih dengan pembatasan kecepatan," ungkap Manager Humas Daop 6 Yogyakarta Krisbiyantoro kepada Kompas.com, Kamis (19/10/2023).

5. Sejumlah Perjalanan KA Terdampak

Tidak hanya berdampak pada jalur kereta, insiden KA Argo Semeru anjlok ini juga mengakibatkan perjalanan sejumlah kereta api menjadi terlambat.

Berikut beberapa perjalanan kereta api yang mengalami keterlambatan kedatangan akibat insiden ini, yaitu:

  1. KA 17 (Semeru), relasi Surabaya Gubeng - Gambir datang 00.35 lambat 295 menit
  2. KA 55 (Gajayana), relasi Surabaya Gubeng - Gambir datang 05.00 lambat 110 menit
  3. KA 9 (Argo Dwipangga), relasi Solo - Gambir datang 05.07 lambat 97 menit
  4. KA 57 (Brawijaya), relasi Malang – Gambir datang 07.06 lambat 127 menit
  5. KA 59 (Bima), relasi Surabaya Gubeng – Gambir, diperkirakan datang 09.44 lambat 224 menit
  6. KA 139 (Senja Utama Yogyakarta), relasi Yogyakarta – Pasar Senen, datang 01.43 lambat 40 menit
  7. KA 87 (Senja Utama Solo), relasi Solo – Pasar Senen, datang 04.14 lambat 79 menit
  8. KA 103 (Singasari), relasi Yogyakarta – Pasar Senen, datang 07.07 lambat 58 menit

Dilansir dari Kompas.com, Selasa, kecelakaan KA Argo Semeru tak hanya berdampak pada perjalanan sejumlah kereta jarak jauh, namun juga pada perjalanan kereta bandara.

Total perjalanan kereta dengan rute Stasiun Yogyakarta-Yogyakarta International Airport (YIA) yang dibatalkan 18.

Pembatalan perjalanan sementara KAI Bandara YIA dilakukan pada seluruh jadwal perjalanan hingga jalur pada lintas tersebut dapat dilalui kembali.

Humas KAI Bandara Diah Suryandari mengatakan, pengguna KA Bandara YIA yang sudah memiliki tiket perjalanan dapat melakukan pembatalan tiket KA atau bea pengembalian 100 persen di stasiun KA Bandara YIA atau mengirimkan data pengguna ke email: info@railink.co.id.

6. KAI Berlakukan Rekayasa Operasi

Raden Agus menjelaskan, Untuk meminimalisasi dampak keterlambatan pada KA-KA lainnya, KAI melakukan rekayasa pola operasi dengan memutar KA-KA yang seharusnya melalui petak jalan Jogyakarta-Kutoarjo jalur selatan, dialihkan dengan melalui petak jalan Tegal-Semarang jalur Utara.

Berikut KA-KA yang mengalami dampak kejadian tersebut dan dilakukan pola rekayasa operasi memutar di antaranya:

  1. KA 115 (Ranggajati) dari Yogkakarta - Solo dengan KA 139KS2 Dari Solo - Cirebon dengan plb 115KS
  2. KA 211 (Logawa) dari Solo - Tegal dengan Plb 211KS, dari Tegal - Purwokerto dengan Plb 211KS2
  3. KA 105 (Gayabaru Malam selatan) dengan Plb 105KS (Solo – Cirebon Prujakan)
  4. KA 122 (Jokotingkir) dengan Plb 222KS2 (Cirebon Prujakan/Solo), menjadi KA 222KS1 (Solo/Purwosari)
  5. KA 124 (Bangunkarta) dengan plb 124KS (Cirebon/Solo)

Akibatnya, berdasarkan pemantauan Daop 6, pembatalan tiket KA banyak dilakukan penumpang di Stasiun Yogyakarta dan Stasiun Solo Jebres yang merupakan stasiun persimpangan.

7. Dirangkaikan dengan Kereta Suite Class Compartement

Rupanya KA Argo Semeru yang mengalami anjlok di Kulon Progo ini dirangkaikan dengan kereta Suite Class Compartement. Hal ini dikonfirmasi oleh VP Public Relations KAI Joni Martinus.

Joni mengungkapkan, pada rangkaian KA Argo Semeru anjlok kemarin terdapat 1 unit gerbong kereta Suite Class Compartment.

"Iya, terdapat 1 kereta Suite Class Compartment pada KA 17 Argo Semeru," ujarnya saat dikonfirmasi Kompas.com, Selasa (17/10/2023) malam.

Kendati demikian, dia memastikan kondisi gerbong kereta mewah tersebut masih utuh lantaran tidak turut mengalami anjlok ketika ketika insiden tersebut terjadi.

"Bersyukur kondisinya masih utuh," ucap Joni.

"Ya betul, tidak anjlok, aman di rel," jelasnya lebih lanjut.

Sebagai informasi, Kereta Suite Class Compartement baru saja diluncurkan PT Kereta Api Indonesia (Persero) pada 10 Oktober kemarin di Stasiun Gambir.

Adapun gerbong kereta mewah itu dirangkaikan dengan KA Bima relasi Surabaya Gubeng-Gambir pp dan KA Argo Semeru relasi Gambir-Surabaya Gubeng pp.

KAI menghadirkan kereta Suite Class Compartment untuk menggaet pangsa pasar masyarakat ekonomi kelas atas. Pada awal pengoperasianmya, KAI memberikan tarif promo Kereta Suite Class Compartment selama 10-31 Oktober 2023 dengan harga tiket sebesar Rp 1.950.000.

https://money.kompas.com/read/2023/10/19/104000226/simak-fakta-fakta-terbaru-insiden-ka-argo-semeru-anjlok-di-kulon-progo

Terkini Lainnya

Defisit APBN Pertama Pemerintahan Prabowo-Gibran Dipatok 2,45 Persen-2,58 Persen

Defisit APBN Pertama Pemerintahan Prabowo-Gibran Dipatok 2,45 Persen-2,58 Persen

Whats New
Bos Bulog Sebut Hanya Sedikit Petani yang Manfaatkan Jemput Gabah Beras, Ini Sebabnya

Bos Bulog Sebut Hanya Sedikit Petani yang Manfaatkan Jemput Gabah Beras, Ini Sebabnya

Whats New
Emiten Gas Industri SBMA Bakal Tebar Dividen Rp 1,1 Miliar

Emiten Gas Industri SBMA Bakal Tebar Dividen Rp 1,1 Miliar

Whats New
Citi Indonesia Tunjuk Edwin Pribadi jadi Head of Citi Commercial Bank

Citi Indonesia Tunjuk Edwin Pribadi jadi Head of Citi Commercial Bank

Whats New
OJK: Guru Harus Punya Pengetahuan tentang Edukasi Keuangan

OJK: Guru Harus Punya Pengetahuan tentang Edukasi Keuangan

Whats New
Sekjen Anwar: Kemenaker Punya Tanggung Jawab Besar Persiapkan SDM Unggul dan Berdaya Saing

Sekjen Anwar: Kemenaker Punya Tanggung Jawab Besar Persiapkan SDM Unggul dan Berdaya Saing

Whats New
Lowongan Kerja BUMN Viramakarya untuk Posisi di IKN, Ini Posisi dan Persyaratannya

Lowongan Kerja BUMN Viramakarya untuk Posisi di IKN, Ini Posisi dan Persyaratannya

Whats New
Soal Relaksasi HET Beras Premium, Dirut Bulog: Biasanya Sulit Dikembalikan...

Soal Relaksasi HET Beras Premium, Dirut Bulog: Biasanya Sulit Dikembalikan...

Whats New
Potensi Pasar Geospasial di Indonesia

Potensi Pasar Geospasial di Indonesia

Whats New
OJK Minta Lembaga Keuangan Bikin 'Student Loan' Khusus Mahasiswa S-1

OJK Minta Lembaga Keuangan Bikin "Student Loan" Khusus Mahasiswa S-1

Whats New
Soal Tarif PPN 12 Persen, Sri Mulyani: Kami Serahkan kepada Pemerintahan Baru

Soal Tarif PPN 12 Persen, Sri Mulyani: Kami Serahkan kepada Pemerintahan Baru

Whats New
Citilink Buka Lowongan Kerja Pramugari untuk Lulusan SMA, D3, dan S1, Ini Syaratnya

Citilink Buka Lowongan Kerja Pramugari untuk Lulusan SMA, D3, dan S1, Ini Syaratnya

Whats New
Kerangka Ekonomi Makro 2025: Pertumbuhan Ekonomi 5,1 - 5,5 Persen, Inflasi 1,5 - 3,5 Persen

Kerangka Ekonomi Makro 2025: Pertumbuhan Ekonomi 5,1 - 5,5 Persen, Inflasi 1,5 - 3,5 Persen

Whats New
Tinjau Fluktuasi Bapok, KPPU Lakukan Sidak Serentak di Sejumlah Pasar

Tinjau Fluktuasi Bapok, KPPU Lakukan Sidak Serentak di Sejumlah Pasar

Whats New
Simak Rincian Kurs Rupiah Hari Ini di BRI hingga CIMB Niaga

Simak Rincian Kurs Rupiah Hari Ini di BRI hingga CIMB Niaga

Whats New
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke