Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Garuda Indonesia Prediksi Jumlah Penumpang Naik 30 Persen di Akhir Tahun

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan, biasanya ketika masa liburan akhir tahun jumlah penumpang akan naik sekitar 20 persen.

Namun lantaran masa liburan atau peak season ini dibarengi dengan masa pemilu, maka kenaikannya akan lebih tinggi dibandingkan dengan kondisi normal.

Pasalnya, selama masa pemilu biasanya banyak para legislatif dari DPR maupun DPD dari Jakarta berpergian ke daerah-daerah untuk mengumpulkan suara.

"Peak season kita naik sekitar 20an persen, langsung naik. (Kalau sama pemilu) mestinya sih bisa 30 persen," ujarnya saat di temui di ICE BSD, Tangerang, Jumat (27/10/2023).

Irfan mengungkapkan, saat ini tingkat keterisian kursi atau okupansi pesawat Garuda Indonesia sudah hampir 80 persen.

"Kalau sudah mendekati 80-an persen, biasanya kita akan buka tambah (penerbangan) baru. Kita juga enggak mau lah orang yang maunya naik Garuda seperti naik (maskapai) yang lain," ucapnya.

Dia menyebut, penambahan penerbangan selama masa liburan biasanya terjadi pada rute-rute menuju destinasi wisata favorit seperti Bali, Medan, Surabaya, Lombok, dan Labuan Bajo.

Namun lantaran masa liburan saat ini bersamaan dengan dimulainya masa pemilu, maka ada kemungkinan penambahan penerbangan tidak hanya pada rute menuju destinasi wisata tetapi juga rute menuju daerah-daerah kecil.

"Kalau terkait dengan pemilu, penambahan tidak hanya terjadi di daerah wisata tapi juga di daerah kantong-kantong suara kan. Apalagi misalnya suatu pihak merasa di daerah itu dia kalah," tuturnya.

https://money.kompas.com/read/2023/10/27/210900526/garuda-indonesia-prediksi-jumlah-penumpang-naik-30-persen-di-akhir-tahun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke