Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Tips Cara Menjawab Gaji yang Diharapkan Beserta Contohnya

JAKARTA, KOMPAS.com - Pewawancara biasanya menanyakan perihal gaji yang diharapkan untuk mengetahui sejauh mana kamu mengetahui nilai diri sendiri, pengalaman, dan keahlian yang kamu miliki.

Pertanyaan ini pun dapat membantu pewawancara mendapatkan tenaga kerja yang mereka cari.

Satu hal yang perlu kamu perhatikan adalah jangan menjawab gaji yang diharapkan dengan jumlah yang terlalu tinggi atau terlalu rendah. Jika kamu menjawab dengan jumlah yang tinggi, pewawancara akan mengira bahwa kamu melebihi kualifikasi yang mereka butuhkan.

Sebaliknya, pewawancara akan menyimpulkan bahwa pengalaman serta keahlianmu tidak sesuai yang mereka cari jika kamu menjawab dengan jumlah yang rendah.

Jadi, selain mengenal keahlian serta nilai diri sendiri, kamu juga perlu melakukan riset untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan gaji yang diharapkan.

Mengutip dari laman resmi JobStreet, Jumat (24/11/2023), berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencari tahu jawaban paling tepat tentang gaji yang diharapkan saat interview.

1. Jelaskan  mengapa pewawancara perlu memilihmu

Sebelum masuk ke diskusi mengenai gaji, kamu perlu menjelaskan kemampuan serta keahlianmu terlebih dahulu. Kamu dapat menjelaskan pengalaman serta keahlian berdasarkan pencapaianmu di proyek sebelumnya, seperti berhasil meningkatkan pendapatan perusahaan sebanyak 50 persen, atau berhasil meningkatkan jumlah pelanggan sebesar 70 persen dari jumlah awal.

Kamu dapat menyertakan angka saat menjelaskan pencapaianmu sehingga terlihat lebih meyakinkan dan akurat.

Setelah menjelaskan bahwa kamu merupakan kandidat terbaik yang perlu dipilih, kamu dapat masuk ke dalam pembicaraan gaji yang diharapkan.

Kamu bisa menunggu pewawancara menanyakan langsung tentang gaji, atau kamu bertanya secara langsung tentang kisaran gaji yang tepat untuk pekerjaan yang dituju saat diberi kesempatan untuk bertanya kepada pewawancara.

2. Jawab dengan kisaran gaji dan fakta sebagai argumen

Berikanlah jawaban berupa kisaran gaji yang kamu harapkan daripada menjawab dengan angka tertentu. Menjawab dengan kisaran gaji dapat memberikan fleksibilitas saat negosiasi gaji. Pewawancara dapat mempertimbangkan gaji berdasarkan jawaban yang kamu berikan.

Walaupun begitu, kamu perlu menjawab dengan jumlah gaji yang realistis dan berdasarkan pengalaman serta keahlian. Pastikan juga jarak dari kisaran gaji yang kamu ajukan tidak terlalu jauh.

Setelah melakukan riset sebelumnya, kamu tentunya memiliki gambaran mengenai kisaran gaji yang dapat dinegosiasikan.

Sebagai tambahan, kamu perlu mengerti dan mempertimbangkan benefit lain, seperti pensiun, cuti tahunan atau sakit, tunjangan mobil, fleksibilitas jam kerja, peluang pengembangan profesional, dan yang lainnya.

Dalam negosiasi gaji saat interview, kamu dapat menggunakan alasan bisnis sebagai pendukung argumen dengan menyebutkan suatu masalah bisnis yang pernah kamu selesaikan sebelumnya, keahlian yang ditawarkan, dan pencapaianmu di pekerjaan sebelumnya.

Kamu pun bisa menggunakan testimoni dari rekan kerja dan pelanggan sebelumnya untuk mendukung jawaban kisaran gaji yang diharapkan.

Bagi kamu yang baru saja lulus kuliah, kamu dapat menggunakan pencapaianmu semasa kuliah sebagai pendukung jawaban gaji yang kamu harapkan saatinterview.

Aturan tersebut berarti bahwa 50 persen dari gajimu digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, 30 persen digunakan untuk hiburan, dan 20 persen untuk ditabung. Dengan begitu, kamu mempunyai dana simpanan yang dapat digunakan di lain waktu.

Berikut adalah contoh jawaban untuk gaji yang diharapkan:

“Dengan pengalaman selama lima tahun di industri ini dan pencapaian-pencapaian yang saya jelaskan sebelumnya, gaji yang saya harapkan adalah RpX. Walaupun demikian, gaji yang saya tawarkan masih dapat dinegosiasikan karena saya sangat tertarik untuk berkontribusi di perusahaan melalui pekerjaan ini.”


3. Naikkan sedikit kisaran gaji yang kamu harapkan

Tips selanjutnya yaitu naikkan sedikit gaji yang kamu harapkan. Kamu dapat menaikkan 10 persen hingga 20 persen dari gaji sebenarnya yang kamu inginkan.

Hal ini dapat membantumu mencapai gaji yang kamu inginkan walaupun pewawancara menurunkan gaji dari jumlah yang kamu berikan.

Saat melakukan hal ini, kamu perlu menjawab dengan gaji yang realistis dan masuk akal berdasarkan riset yang sudah kamu lakukan. Selain itu, kamu perlu menyebutkan bahwa kisaran gaji yang kamu beri dapat dinegosiasikan. Sejauh mana kamu dapat bernegosiasi dengan pewawancara juga berdasarkan nilai yang kamu tawarkan kepada perusahaan.

4. Memutar pertanyaan atau menunda jawaban

Jika kamu tidak ingin menjawab pertanyaan tentang gaji, kamu dapat memutar pertanyaan dengan menanyakan pewawancara mengenai kisaran gaji yang mereka tawarkan. Walaupun begitu, pewawancara tentu akan menanyakan kembali perihal gaji yang kamu harapkan, dan kamu perlu menjawab pertanyaan tersebut.

Selain itu, kamu dapat menunda jawaban atas pertanyaan tentang gaji jika kamu belum mengerti secara menyeluruh mengenai pekerjaan yang ditawarkan. Kamu dapat menunda jawaban dengan memberi respon bahwa kamu ingin tahu lebih lanjut mengenai pekerjaan tersebut sehingga kamu dapat menyesuaikan jawaban kisaran gaji yang kamu harapkan.

Berikut contoh jawaban yang dapat kamu berikan:

“Terima kasih atas pertanyaannya, pertanyaan tersebut sangat bagus untuk didiskusikan. Sebelum saya menjawab pertanyaan tersebut, akan sangat membantu bagi saya jika anda dapat membagikan kisaran gaji yang diperoleh pekerja di perusahaan ini berdasarkan pengalaman dan keahlian saya.”

Jadi, hal pertama yang perlu kamu lakukan untuk menjawab pertanyaan tentang gaji yang diharapkan adalah melakukan riset kisaran gaji dan mengetahui pengalaman serta keahlianmu saat ini.

Selain itu, kamu perlu menerapkan beberapa tips saat menjawab pertanyaan tentang gaji yang diharapkan dengan menjelaskan terlebih dahulu mengapa kamu adalah kandidat terbaik yang perlu dipilih oleh pewawancara. 

Lalu menjawab dengan kisaran gaji dan menggunakan fakta dari pencapaianmu sebagai pendukung argumen, menaikkan sedikit kisaran gaji yang kamu harapkan. 

Kemudian membalikkan pertanyaan saat tidak ingin menjawab, dan menunda jawaban ketika kamu belum sepenuhnya mengerti tentang pekerjaan yang dituju.

Selain itu, kamu perlu menjawab dan bertanya dengan percaya diri saat interview dan juga berlatih sebagai persiapan terakhir sebelum wawancara.

https://money.kompas.com/read/2023/11/24/090000126/4-tips-cara-menjawab-gaji-yang-diharapkan-beserta-contohnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke