Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Erick Thohir Sebut Rencana Merger Angkasa Pura I dan II Butuh 3 Bulan

Erick mengatakan, pihaknya tahun ini sudah melakukan proses penjajakan merger Angkasa Pura I dan II.

“Mengenai Angkasa Pura memang ini rencana perlu 3 bulan, jadi tahun ini sudah ada penjajakan awal,” ujarnya dalam rapat kerja dengan Komisi VI DPR di Senayan, Jakarta, Senin (4/12/2023).

Erick menilai, industri bandara di berbagai negara sudah mulai berubah. Karena itu, menurut dia perlu dilakukan antisipasi lantaran kadang industri bandara terjebak pada tampilan luarnya.

“Bahwa kadang-kadang kita di airport terjebak untuk visual di luarnya, jadi gedungnya bagus. Tapi kalau kita lihat dari bench marking berbagai negara sebenanrya gedung luarnya biasa saja, justru di dalamnya harus bagus,” kata Erick.

Adapun rencana merger perusahaan ini pertama kali diungkapkan Erick Thohir pada bulan Juni tahun 2020 yang lalu.

Menurut dia, penggabungan ini dilakukan karena kedua perusahaan bergerak dalam industri yang sama, yakni pengelola bandara.

"Alhamdulillah kemarin kita sudah ada rapat dengan menteri terkait, menteri perhubungan dan keuangan, nanti yang namanya Angkasa Pura akan digabungkan menjadi satu, di sana akan digabungkan juga dengan logistik-logistik udara yang ada keterkaitan,” ujar Erick Erick saat rapat kerja dengan Komisi VI DPR RI pada Selasa (9/6/2020).

Teranyar, Erick memastikan proses merger antara PT Angkasa Pura I (Persero) atau AP I dan PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II tidak mengakibatkan pengurangan karyawan.

Dia mencontohkan proses merger yang telah dilakukan oleh PT Pelabuhan Indonesia (Persero) pada Oktober 2021 yang tidak menimbulkan pengurangan karyawan.

"Pengalaman kita merger Pelindo juga mesti memastikan persepsi jangan sampai seakan-akan kita merger pelepasan karyawan, padahal enggak. Buktinya pelindo enggak ada yang lepas pegawainya," ujarnya saat ditemui di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (23/11/2023).

https://money.kompas.com/read/2023/12/05/114000026/erick-thohir-sebut-rencana-merger-angkasa-pura-i-dan-ii-butuh-3-bulan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke