Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Penyaluran Pembiayaan Hijau Masih Terhambat Kesadaran dan Skema Insentif

Direktur Treasury & International Banking Bank Mandiri Eka Fitria menjabarkan, pada dasarnya permintaan pengusaha untuk pembiayaan hijau masih terbatas.

"Di Indonesia masih cukup terbatas awareness dari pelaku pengusaha, yang mengakibatkan adanya demands terhadap pembiayaan hijau itu relatif cukup terbatas," kata dia dalam Konferensi Pers Mandiri Sustainability Forum 2023, Kamis (7/12/2023).

Ia menambahkan, hal tersebut juga menjadi alasan penyaluran pembiayaan hijau di Indoensia tidak dapat berjalan masif seperti di luar negeri.

Terbatasnya permintaan pembiayaan hijau ini dapat ditingkatkan sekurang-kurangnya dengan dua cara yakni peningkatan kesadaran pengusaha dan skema insentif.

Eka menilai, saat ini sudah terdapat beberapa skema insentif yang diberikan oleh regulator dan industri perbankan.

"Masih perlu pendalaman, terutama yang berkaitan dengan green financing," imbuh dia.

Menurut dia, dalam kaitannya dengan implementasi prinsip bisnis keberlanjutan atau enviromental, social, dan governance (ESG), Indonesia masih memiliki titik berat pada aspek sosial ketimbang aspek hijau.

Untuk itu, perlu kolaborasi antara pemerintah dan institusi dapat memperluas pendalaman terhadap pembiayaan hijau di Indonesia.

Sebagai informasi, Bank Mandiri telah menyalurkan pembiayaan hijau atau kredit hijau senilai Rp 122 triliun pada September 2023.

Emiten perbankan berkode saham BMRI itu sudah melakukan penyaluran kredit sejumlah total Rp 253 triliun atau 25 persen dari total kredit secara bank only.

Dari jumlah tersebut terditi dari penyaluran social financing Rp 131 triliun, dan green financing Rp 122 triliun.

https://money.kompas.com/read/2023/12/07/161100826/penyaluran-pembiayaan-hijau-masih-terhambat-kesadaran-dan-skema-insentif

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke