Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

inDrive Kembangkan Layanan Pengiriman Barang untuk Dukung UMKM

JAKARTA, KOMPAS.com – Pengiriman barang berbasis aplikasi terus meningkat popularitasnya, seiring dengan semakin banyak orang yang menemukan kenyamanan dan kemudahan penggunaan metode ini, terutama bagi usaha kecil dan menengah.

Hal ini menjadi lebih relevan, mengingat waktu mendekati seasonal sales dan liburan musim dingin, dimana aktivitas perbelanjaan melonjak tinggi.

Riset pasar terbaru yang dilakukan oleh inDrive Kurir mengungkapkan, kecepatan pengiriman barang (55 persen), harga terjangkau (37 persen), dan kualitas layanan (33 persen) merupakan fitur yang paling diminati dalam layanan pengiriman di Indonesia.

Namun, hanya 15 persen responden survei yang memilih kecepatan penjemputan barang sebagai kualitas utama mereka, sementara kemampuan dalam memantau lokasi kurir menempati urutan keempat dengan 28 persen.

Harris Rilandi, Business Development Specialist Courier SEA inDrive mengungkapkan, layanan pengiriman berbasis aplikasi semakin populer karena fleksibilitas dan berbagai kemudahan yang ditawarkan.

"Kami percaya bahwa fleksibilitas dan kemudahan yang membuat layanan ini sangat nyaman untuk bisnis yang membutuhkan pengiriman, tidak perlu terikat kontrak atau mempekerjakan pengemudi penuh waktu," kata Harris dalam keterangannya, Kamis (1/2/2024).

"Kemunculan aplikasi pengiriman ini benar-benar mengubah permainan dan membuat pengiriman menjadi jauh lebih mudah diatur serta lebih terjangkau, serta sangat penting bagi small business yang beroperasi dengan margin keuntungan yang lebih ketat," papar Harris. 

Berdasarkan wilayah, pengiriman melalui aplikasi dapat menawarkan beberapa pilihan mode, mulai dari mobil atau sepeda motor, hingga sepeda ataupun berjalan kaki, sehingga pengguna dapat memilih mode yang termurah dan tercepat sesuai dengan kebutuhan mereka.

Di Indonesia, pengguna mobil (58 persen) dan sepeda motor (37 persen) merupakan mode transportasi yang paling banyak dipilih untuk mengirim paket, serta setengah dari responden setuju untuk menghindari pengiriman paket dengan berjalan kaki, karena lokasi pengiriman yang beragam.


Harris menambahkan, pandemi memberikan dorongan yang positif untuk kemajuan pengiriman berbasis aplikasi.

inDrive Kurir dan inDrive Truk dihadirkan guna memenuhi semua kebutuhan dalam membantu masyarakat dan bisnis untuk melakukan pengiriman pada hari yang sama disesuaikan dengan permintaan. Tidak perlu menunggu lama, pengguna dapat memesan kurir hanya dengan beberapa klik di aplikasi inDrive.

Kami berkomitmen untuk mendukung pertumbuhan UMKM melalui layanan inovatif inDrive. Kami akan terus mengoptimalkan platform ini agar memberikan manfaat maksimal bagi UMKM," tutur dia.

Selain kecepatan, inDrive Kurir dan inDrive Truk juga memastikan keterjangkauan harga. Fitur unik dalam aplikasi ini adalah pengguna dapat menetapkan harga sendiri untuk pengiriman dan menegosiasikannya secara langsung dengan kurir.

inDrive Kurir dan inDrive Truk memastikan keamanan dan transparansi dalam proses pemesanan ataupun pengiriman. Semua kurir akan melalui proses verifikasi, termasuk proses persetujuan manual yang dilakukan secara menyeluruh.

Kemudian, pengguna dapat melacak pesanan di aplikasi untuk memastikan paket dikirim sesuai rencana, hal ini dikatakan sangat krusial berdasarkan survei.

inDrive Truk adalah layanan pengiriman sesuai permintaan dan pada hari yang sama untuk pengiriman lebih dari 20 kilogram. inDrive Truk dapat menerima barang non-cair mulai dari 20 kilogram hingga 20 ton pada rute jarak jauh dalam kota dan antarkota.

Layanan ini menargetkan perusahaan kecil dan menengah, seperti kafe dan toko, serta perusahaan industri kecil (seperti pabrik dan perusahaan konstruksi), pusat logistik dan gudang.

https://money.kompas.com/read/2024/02/01/191500626/indrive-kembangkan-layanan-pengiriman-barang-untuk-dukung-umkm

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke