Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Beasiswa IISMA 2024 Dibuka, Ini Syarat, Tahapan, dan Jalur Seleksinya

Pendaftaran beasiswa ini sudah dibuka secara online, dan akan berlangsung sampai 14 Februari mendatang.

Beasiswa IISMA adalah beasiswa Kemendikbudristek bersama Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) untuk mendukung mahasiswa Indonesia melalukan studi satu semester di universitas dan industri terpercaya di luar negeri.

Untuk kuota penerima beasiswa IISMA tahun ini, ditambah menjadi sebanyak 3.000-3.500 penerima atau awardee.

"Ada penambahan kuota (penerima beasiswa) untuk 2024. Jika pada 2021 dimulai dari 1.000 penerima, maka setahun kemudian kita buka untuk 1.100 penerima, dan 2023 menjadi 1.984 penerima," ujar Ketua IISMA Rachmat Sriwijaya dalam keterangan tertulis yang dikutip Kompas.com, Sabtu (3/2/2024).

Tiga jalur seleksi beasiswa IISMA

Beasiswa IISMA tersedia untuk program sarjana dan vokasi, dengan terdapat tiga jalur seleksi yaitu jalur afirmasi, reguler, dan co-funding.

Jalur afirmasi ditujukan bagi mahasiswa penerima program bidik misi, Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K), serta mahasiswa yang berasal dari daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T).

Sementara itu, jalur reguler adalah jalur umum yang bisa diikuti oleh seluruh mahasiswa di indonesia.

"Janan khawatir ketinggalan, jalur reguler dan afirmasi akan dilaksanakan secara bersamaan dari pendaftaran, seleksi, pengumuman, hingga keberangkatan," tutur Senior Manager Operasional dan Pengelolaan IISMA Andi Rahardian Wijaya.

Adapun jalur co-funding bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa yang belum beruntung mendapatkan beasiswa lewat jalur reguler dan afirmasi.

Pendanaan beasiswa ini akan bersifat parsial antara mahasiswa dan Kemendikbudristek, dengan pendanaan mahasiswa untuk biaya hidup dan tiket kepulangan diberikan separuhnya oleh Kemendikbudristek.

"Kita hanya memberikan pendanaan untuk administrasi kampus, tulisan fee, dan biaya tiket keberangkatan," papar Andi.

Tahun ini terdapat sekitar 140 kampus di 35 negara yang bisa didaftari oleh peserta. Untuk komponen beasiswa IISMA 2024 sebagai berikut:

Syarat dan alur seleksi beasiswa IISMA 2024

Persyaratan penerima beasiswa IISMA tahun 2024 sebagai berikut:

Untuk alur seleksi beasiswa IISMA 2024 terdiri dari pendaftaran, seleksi dokumen, tes nasional, wawancara, seleksi final, pengumuman hasil seleksi, penyelesaian dokumen, persiapan prakeberangkatan, implementasi program, kepulangan ke Indonesia, dan pelaporan.

Demikian rangkuman mengenai beasiswa IISMA 2024. Informasi selengkapnya bisa diakses di portal resmi IISMA di https://iisma.kemdikbud.go.id.

https://money.kompas.com/read/2024/02/03/113404126/beasiswa-iisma-2024-dibuka-ini-syarat-tahapan-dan-jalur-seleksinya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke